Home Serba Serbi Health Waspada! 7 Makanan Pavorit Ini Bisa Menyebabkan Kanker

Waspada! 7 Makanan Pavorit Ini Bisa Menyebabkan Kanker

Susu Kental Manis

Sumbawanews.com.- Kanker merupakan penyakit yang disebabkan gaya hidup tak sehat. Termasuk sering konsumsi makanan yang kurang sehat.

Melansir Healthline, sebenarnya kamu tidak akan langsung mengidap kanker hanya karena makan beberapa makanan tersebut. Namun, kanker dapat muncul jika makanan-makanan tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan sering.

Beberapa makanan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe-2 dan obesitas. Kedua penyakit ini dapat memicu kanker.

Selain itu, beberapa makanan lainnya memiliki kandungan karsinogen yang tinggi. Karsinogen adalah zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker, khususnya bagi orang yang memiliki genetika tertentu.

Berikut 7 makanan yang dapat memicu kanker jika terlalu sering dikonsumsi.

1. Daging olahan

Daging olahan merupakan daging merah yang diawetkan, baik dengan teknik pengasapan, pengasinan, pengawetan, hingga pengalengan. Contohnya, sosis, salami, kornet, dendeng, dan lainnya.

Sosil

Metode dalam pembuatan daging olahan membuat makanan ini memiliki kandungan karsinogen. Maka dari itu, makan daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker, mulai dari kanker perut, payudara, hingga kolorektal.

Baca juga: Bidara, Pohon Surga Yang Disebut dalam Alquran: Inilah Manfaat Buat Kesehatan

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng baik yang mengandung tepung seperti gorengan atau tanpa tepung seperti kentang dan keripik kentang, berpotensi mengandung senyawa akrilamida karena proses penggorengan.

Gorengan

Senyawa ini juga bisa terbentuk karena proses baking, roasting, dan toasting. Penelitian menunjukkan akrilamida bersifat karsinogenik yang dapat merusak DNA dan menginduksi apoptosis atau kematian sel.

Dengan begitu, sering mengonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2, obesitas, stres oksidatif, hingga peradangan yang dapat berujung kanker.

Baca juga: Tahukah Kamu, 7 Buah dari Surga yang Tercatat di Al Quran Ada di Sekitar Kita

3. Makanan yang terlalu matang

Makanan yang menyebabkan kanker berikutnya adalah makanan yang terlalu matang ketika dimasak, khususnya daging karena dapat membentuk karsinogen yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan mengubah DNA Anda.

Untuk mengurangi risiko ini, cobalah memasak dengan api atau suhu rendah. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan slow cooker yang dapat menghasilkan masakan yang lebih empuk, tetapi tidak menggunakan suhu tinggi sehingga makanan tidak terlalu matang.

Baca juga: Dampak Konsumsi SKM, Jangan Sampai Ada Arisandi Lain

4. Gula dan karbohidrat olahan

Kanker juga dapat muncul jika kamu sering mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan. Contohnya minuman yang menggunakan pemanis buatan, makanan yang dipanggang, pasta putih, roti putih, nasi putih, dan sereal manis.

Susu Kental Manis

Studi menunjukkan konsumsi makanan ini meningkatkan peradangan dan stres oksidatif yang dapat meningkatkan risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker ovarium, payudara, hingga endometrium atau rahim.

Selain itu, konsumsi gula dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar glukosa darah tinggi sehingga meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Sebaiknya, mulailah mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan dengan mengonsumsi alternatif lain, seperti roti gandum, pasta gandum, hingga beras merah.

Kandungan gula yang tinggi juga terdapat dalam kental manis.

Baca juga: Iklan SKM Kerap Menyesatkan, YAICI & Aisyisyah Lakukan Edukasi

5. Makanan dengan pewarna buatan

Mengutip Dr. Spar, makanan dengan pewarna buatan juga dapat memicu kanker. Sebab, makanan dengan pewarna juga mengandung karsinogenik yang rentan memicu kanker.

6. Salmon hasil budidaya

Studi menunjukkan ikan salmon hasil budidaya rentan mengandung 8-16 kali poliklorinasi bifenil (PCB) daripada salmon yang hidup liar.

Salmon

Dikutip dari laman Livestrong, PCB adalah senyawa klorin organik yang sering digunakan sebagai minyak olahan. Senyawa ini terkenal cukup beracun dan dapat membahayakan kesehatan dan dapat memicu kanker.

7. Produk susu

Produk susu seperti keju dan yoghurt rupanya juga merupakan makanan yang menyebabkan kanker. Sebab, konsumsi produk susu meningkatkan insulin yang dapat memicu proliferasi atau produksi sel kanker prostat.

Nah, mana yang suka kamu konsumsi sehari-hari, ayo kurangi demi kesehatanmu. (sn02)

Previous articleMarak Tersebar Via WA, Pemprov NTB Himbau Berhati-hati Terhadap Penipuan Aplikasi Undangan Pernikahan Online
Next articleWoow… Bunda Corla Jadi Pelayan McD di Jakarta
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.