Home Berita Sumba Timur Diguncang Gempa M5.5, Tidak Berpotensi Tsunami

Sumba Timur Diguncang Gempa M5.5, Tidak Berpotensi Tsunami

Mataram, sumbawanews.com – Jumat (27/10) pukul 14.49.51 WIB wilayah Sumba Timur, Waingapu, Nusa Tenggara Timur diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,78° LS ; 120,17° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 Km arah BaratDaya Waingapu, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 76 km.

Baca Juga: Waspada! BMKG: Karakteristik Gempa Mentawai -Padang M 6,9, Gempa Megathrust

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( _normal fault_ ),” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septi Adhi, S.Si.

Dikatakan, Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Waingapu dengan skala intensitas III-IV MMI. Atau Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Kemudian, Waitabula, Waikabubak, dan Bima dengan skala intensitas II MMI, yakni Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami,” jelasnya, juga menambahkan, Hingga pukul 15.12 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( _aftershock_ ). (Using)

Previous articleIrjen Pol. Drs Djoko Poerwanto Resmikan Bangunan Mako Baru Polres Sumbawa
Next articleOptimalkan Pelaksanaan Tugas Pokok TNI, Panglima TNI Mutasi 36 Perwira Tinggi TNI
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.