Home Berita Rusia Sebut Ukraina Ledakkan Bendungan Kakhovskaya Untuk Bangun Pertahanan

Rusia Sebut Ukraina Ledakkan Bendungan Kakhovskaya Untuk Bangun Pertahanan

Moskow, sumbawanews.com – Menteri Pertahanan Federasi Rusia, Sergei Shoigu, Selasa (06/06) bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya diledakkan oleh Ukraina. Sehingga menyebabkan banjir di area yang luas.

Baca Juga : Bendungan Kakhovka Jebol, Sedikitnya Puluhan Kota dan Puluhan Ribu Orang Diperkirakan Terdampak Termasuk PLTN Zaporozhye

Diungkapkan, tujuan dari tindakan tersebut , menurut data yang tersedia, yakni Karena Ukraina tidak berhasil dalam operasi ofensif. Dan untuk memperkuat potensinya, bermaksud untuk mentransfer unit dan peralatan dari arah Kherson ke area operasi ofensifnya.

Surat Duta Besar Rusia untuk PBB kepada Sekretaris Jenderal PBB Pada 21 Oktober 2022, mengenai rencana Kiev untuk menghancurkan bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya.

Sehingga secara signifikan melemahkan posisinya di arah Kherson. “Ngomong-ngomong, musuh mulai membangun posisi bertahan di tepi kanan Dnieper , yang menunjukkan niatnya untuk bertahan di sini,” kata dia.

Dikatakan, untuk mencegah tindakan ofensif tentara Rusia di sektor depan ini, Kiev melakukan sabotase. Dan pada kenyataannya, menyebabkan banjir di area yang luas dan akan berdampak buruk dan lingkungan jangka panjang konsekuensi.

Baca Juga : Bahas MQ-9 Reaper : Austin Klaim Wilayah Internasional, Sergei Shoigu Sebut Pembatasan Penerbangan

Selain itu, menurut data yang tersedia, debit air dari pembangkit listrik tenaga air Dnepropetrovsk telah meningkat secara signifikan , yang menyebabkan lebih banyak lagi banjir di wilayah tersebut. “Fakta ini menunjukkan sabotase besar-besaran yang direncanakan sebelumnya oleh rezim Kiev,” jelasnya. (Using)

Previous articleMengapa Jokowi biarkan Moeldoko?
Next articleDugaan Suap Pengurusan Perkara, KPK Kembali Tetapkan Hakim MA Sebagai Tersangka
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.