Home Berita Pentagon Umumkan Empat Lokasi EDCA Baru di Filipina

Pentagon Umumkan Empat Lokasi EDCA Baru di Filipina

Washington DC., sumbawanews.com – Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Senin (03/04) mengumumkan rencana untuk memperluas Pengaturan Kerja Sama Pertahanan yang Ditingkatkan (the Enhanced Defense Cooperation Arrangemen/EDCA) untuk menyertakan empat lokasi baru. Yakni Pangkalan Angkatan Laut Camilo Osias di Santa Ana – Cagayan, Kamp Melchor Dela Cruz di Gamu-Isabela, Pulau Balabac di Palawan dan Bandara Lal-lo di Cagayan.

“Penamaan lokasi ini mengikuti pengumuman pada Februari 2023 di mana Amerika Serikat dan Filipina berkomitmen untuk menetapkan empat lokasi EDCA baru di wilayah strategis Filipina,” katanya.

Baca Juga : Kontraktor AS tewas Diserang Drone, Pentagon Izinkan Serang Kelompok Afiliasi Iran di Suriah

Dijelaskan, Selain lima lokasi yang ada, lokasi baru ini akan memperkuat interoperabilitas Angkatan Bersenjata AS dan Filipina dan memungkinkan kita untuk bersama-sama merespons dengan lebih lancar guna mengatasi berbagai tantangan bersama di kawasan Indo-Pasifik, termasuk bencana alam dan kemanusiaan. Departemen Pertahanan akan bekerja sama dengan Departemen Pertahanan Nasional dan Angkatan Bersenjata Filipina untuk mengejar proyek-proyek modernisasi dengan cepat di lokasi-lokasi ini.

Dijelaskan, Departemen Pertahanan AS bermaksud memperluas pendanaan di atas $82 juta yang telah kami alokasikan untuk investasi infrastruktur di lokasi EDCA yang ada. Selain mendukung komitmen Aliansi, investasi ini juga akan memacu pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di provinsi masing-masing.

Baca Juga : Pentagon Bantah AS Beri Ukraina Informasi Targetkan Rusia

Amerika Serikat berkomitmen untuk memastikan kegiatannya di sekitar lokasi EDCA responsif terhadap kebutuhan dan prioritas masyarakat lokal. Ran kami akan terus berkonsultasi secara dekat dengan Filipina mengenai peluang baru yang melayani kepentingan bersama kami.

“Amerika Serikat dan Filipina telah berdiri bahu-membahu sebagai teman dan sekutu selama lebih dari tujuh dekade, tak tergoyahkan dalam komitmen perjanjian kami dan visi bersama kami untuk kawasan yang lebih damai, aman, dan makmur. Langkah yang kami buat untuk memperluas EDCA dan memodernisasi aliansi akan memastikan visi ini bertahan jauh di masa depan,” ucapanya. (Using)

Previous articleYonif Raider 600/Modang Percepat Program Penekanan Stunting Di Distrik Kimaam
Next articleFIFA U20 Berlalu Ada FIBA 2023, Tolak Israel? Menpora: Saya Akan Coba Bicarakan
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.