Home Berita Penangguhan Inisiatif Laut Hitam, Zakharova: Barat Lontarkan Tuduhan, Tapi Diam dengan Pemblokiran...

Penangguhan Inisiatif Laut Hitam, Zakharova: Barat Lontarkan Tuduhan, Tapi Diam dengan Pemblokiran Ekspor Pupuk

Moskow, sumbawanews.com – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia, Maria Zakharova, Jum’at (04/08) mengatakan, Ibukota Barat berulang kali melontarkan tuduhan ke Rusia karena menangguhkan inisiatif laut Hitam.

“(Inisiatif laut hitam) yang sebenarnya menjadi proyek komersial untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk Ukraina. Keadaan sebenarnya dirahasiakan,” jelasnya.

Baca Juga: Tanggapi Komentar Sekjen PBB Tentang Inisiatif Laut Hitam, Rusia: António Guterres Memutarbalikkan Fakta

Diungkapkan, barat tidak menyebutkan bahwa biji-bijian Ukraina, terutama biji-bijian pakan ternak, sebagian besar dikirim ke Eropa yang cukup makan. Dan barat juga diam tentang pemblokiran sistematis ekspor pertanian Rusia dengan sanksi unilateral ilegal.

“Itulah sebabnya Memorandum PBB-Rusia tidak pernah berhasil,” jelas dia.

Dijelaskan, Secara indikatif, Barat percaya bahwa larangan de facto ekspor pupuk mineral Rusia dan Belarusia, tidak berdampak pada harga. Dan tampaknya, barat tidak peduli dengan hingga 45 juta orang yang dapat diberi makan dengan makanan yang diproduksi dengan pupuk amonia Rusia, jika Ukraina tidak berhenti terlebih dahulu dan kemudian meledakkan pipa amonia Togliatti-Odessa.

Baca Juga: Rusia Akhiri Inisiatif Laut Hitam, Sekjen PBB: Ratusan Juta Orang Hadapi Kelaparan dan Konsumen Hadapi Krisis Biaya Hidup

Selain itu, ibukota Barat juga tidak mengomentari penolakan mereka untuk membuka blokir pupuk Rusia untuk transfer gratis ke negara-negara termiskin. Sebaliknya, barat mencoba mengecilkan pasokan gandum kemanusiaan Rusia ke negara-negara Afrika yang membutuhkan.

“Orang-orang di Sekretariat PBB bahkan telah membuat definisi jitu; “segenggam sumbangan” dan “hadiah beracun,” ucapnya.

Ditambahkan, contoh dan retorika ini merupakan indikasi lebih lanjut dari sifat komersial dan terbatas dari Inisiatif Laut Hitam. Barat juga mengungkapkan sikap sebenarnya terhadap Memorandum Rusia-PBB tentang normalisasi ekspor pertanian Rusia. (Using)

Previous articleIntelijen Somalia Sebut Tangkap 10 Mata-Mata Al-Shabaab di Lembaga Pemerintah
Next articleDiduga Terlibat Spionase, FBI Tangkap Dua Personel AL AS
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.