Home Berita Kenya Akan Minta Dukungan Indonesia Tembus Perdagangan Asia Tenggara

Kenya Akan Minta Dukungan Indonesia Tembus Perdagangan Asia Tenggara

Nairobi, sumbawanews.com – Presiden Republik Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/08) mengatakan, Kenya akan meningkatkan hubungannya dengan Indonesia untuk meningkatkan perdagangan. Dan, ruang lingkup investasi juga akan diperluas untuk mewujudkan neraca perdagangan yang berpihak pada negara Asia Tenggara tersebut.

“Kami akan memanfaatkan energi kami dan menciptakan lingkungan yang diperlukan untuk meningkatkan perdagangan antar negara kami,” katanya, dalam pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo dalam Kunjungan Kenegaraannya ke Kenya.

Baca Juga: Bertemu Presiden Kenya, Presiden Jokowi Sampaikan Komitmen Perkuat Kerja Sama Antarnegara

Dikatakan, Investasi dan perdagangan antara kedua negara bernilai lebih dari $600 juta tahun lalu. Area fokus dengan hasil tinggi, termasuk tekstil dan pakaian jadi, energi, pertambangan, serta produksi dan penyulingan minyak.

Dia mengatakan, Kenya akan meminta dukungan Indonesia untuk menembus Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara, yang dipandang sebagai sebuah blok perdagangan yang berkembang pesat di Asia. Dan Kenya juga akan bekerja sama dengan Indonesia untuk menarik perusahaan global untuk berinvestasi dalam rantai nilai tambah.

Presiden Ruto memenyatakan, langkah tersebut akan membantu Kenya mengembangkan industrinya dan mencapai neraca perdagangan dengan Indonesia. Kenya akan bekerja sama dengan Indonesia di sektor tekstil dan pakaian jadi, energi, pertambangan, produksi minyak dan penyulingan.

“Sektor-sektor ini akan menumbuhkan portofolio investasi bilateral kami dan berkontribusi pada peningkatan perdagangan,” jelasnya.

Presiden Ruto mengungkapkan, Pemerintah Kenya sangat ingin memfasilitasi perusahaan Indonesia untuk berinvestasi dalam pengolahan minyak nabati. “Investasi Indonesia akan mendukung upaya Pemerintah untuk memastikan minyak nabati yang terjangkau dan dapat diakses oleh sebagian besar masyarakat Kenya, terutama di daerah pedesaan,” ujarnya. (Using)

Previous articleBertemu Presiden Kenya, Presiden Jokowi Sampaikan Komitmen Perkuat Kerja Sama Antarnegara
Next articleDenmark dan Belanda Sumbang F-16 ke Ukraina
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.