Home Berita Kanada Akan Pasok Peralatan Energi Ukraina dengan Akses UE

Kanada Akan Pasok Peralatan Energi Ukraina dengan Akses UE

Kingston, sumbawanews.com – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjamu Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen untuk kunjungan dua hari ke Kanada dari 6 hingga 8 Maret. Selama kunjungan tersebut, para Pemimpin mendorong kemajuan pada prioritas bersama dan mendesak, termasuk mempertahankan tanggapan yang kuat terhadap tindakan ilegal Rusia. Demikian pernyataan bersama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen Selasa (07/03).

Dikatakan, Dengan serangan Rusia yang menyebabkan kerusakan besar pada jaringan listrik Ukraina, para keduanya mengakui urgensi penyediaan peralatan energi yang sangat dibutuhkan. Pemerintah Kanada telah bekerja sama dengan industri Kanada melalui Electricity Canada untuk mendapatkan item yang diidentifikasi sebagai prioritas, termasuk tujuh trafo yang akan segera dikirim melalui operasi perlindungan sipil UE.

Kanada menghargai bahwa UE telah memberi Kanada akses, yang juga akan mendukung pengiriman daftar peralatan yang terus bertambah untuk Ukraina di masa mendatang. UE juga melanjutkan mobilisasi substansial cadangan cadangan generator dan trafo strategis perlindungan sipil untuk Ukraina.

Keduanya menggarisbawahi niat untuk terus bekerja sama, bersama dengan mitra G7 dan banyak lainnya. Untuktuk meningkatkan koordinasi sanksi, penegakannya, dan pembatasan kontrol ekspor.

Mereka mengumumkan penunjukan Kanada sebagai Negara Mitra untuk peraturan sanksi UE terhadap Rusia. Menghasilkan pertukaran informasi yang lebih baik dan praktik terbaik untuk lebih efektif menegakkan sanksi yang ada dan yang akan datang.

Keduanya berkomitmen untuk menemukan cara praktis untuk mengurangi dampak konflik Rusia-Ukraina dengan meningkatnya inflasi, meningkatnya ketidakstabilan rantai pasokan, serta kerawanan pangan dan energi, terutama bagi yang paling rentan.

Keduanya juga menegaskan kembali komitmen mereka terhadap upaya pemulihan dan rekonstruksi Ukraina. Ukraina, Kanada, UE, dan mitra lainnya telah membentuk Platform Koordinasi Donor Multi-Agensi G7 untuk menangani kebutuhan mendesak dan jangka panjang Ukraina.

Menyadari pentingnya pekerjaan ranjau untuk pemulihan dan rekonstruksi Ukraina, Kanada bergabung dengan UE dan memberikan tambahan $3 juta untuk mendukung inisiatif membersihkan ranjau darat dan persenjataan yang tidak meledak di Ukraina, melengkapi lebih dari $32 juta yang telah disediakan Kanada untuk mendukung tambang tindakan di Ukraina. UE menyediakan 43 juta euro untuk tujuan yang sama.

Selain itu, Kanada menyambut baik keputusan UE pada Juni 2022 untuk memberikan status negara kandidat kepada Ukraina. Sebab membuka jalur aksesi ke UE dan berfungsi sebagai pendorong utama untuk memajukan agenda reformasi Ukraina. (Using)

Previous articlePanglima TNI Terima Pesawat C-130J-30 Super Hercules dari Menhan RI
Next articleMenko Polhukam Sebut Transaksi Mencurigakan di Kemenkeu Capai Rp300 Trilyun
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.