Home Berita Kabupaten Sumbawa Satu-satunya Kabupaten di NTB Miliki Tim Ahli Cagar Budaya

Kabupaten Sumbawa Satu-satunya Kabupaten di NTB Miliki Tim Ahli Cagar Budaya

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Kabupaten Sumbawa sejauh ini merupakan satu-satunya kabupaten di NTB yang telah memiliki Tim Ahli Cagar Budaya (TACB). Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Fithriati, di ruang kerjanya, Selasa (03/04).

“Kita ini satu-satunya Kabupaten di NTB yang telah miliki tim ahli cagar budaya. Provinsi malah belum punya,” katanya.

Baca Juga: Museum Sumbawa Akan Sediakan Cinema Room dan Podcast

Dijelaskan, Tim ahli tersebut beranggotakan 7 orang. Dan Tim ahli cagar budaya memiliki sertifikasi, yang berlaku dalam rentang waktu tertentu.

“Jika dalam waktu sekian tahun tidak ada cagar budaya yang dilaporkan atau didaftarkan, meraka tidak melakukan penilaian terhadap ODCG maka sertifikasinya bisa ditarik,” jelasnya.

Namun tim ahli tersebut secara konsisten melakukan penilaian ODCG setiap tahun. “Alhamdulillah meraka konsisten. Justru hasil mereka yang tahun lalu itu, mau diambil sama provinsi, dan provinsi tidak punya TACB,” imbuh dia.

Dijelaskan, TACB bisa bekerja di seluruh kabupaten/kota di NTB. Namun sejauh ini masih di fokuskan melakukan penilaian di Kabupaten Sumbawa, karena masih banyak objek yang belum dinilai.

“Jadi Kita harapkan kepada mereka untuk fokus dulu dengan yang ada di Sumbawa,” jelasnya. (Using)

Previous articleKoramil 1710-06/Agimuga Bagikan Takjil Buka Puasa Kepada Pengguna Jalan
Next articleRumdis Dandim, Kantor Polisi Militer Hingga Gereja Baitani Akan Dinilai Jadi ODCB 2024
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.