Home Berita Iran Resmi Anggota Penuh SCO

Iran Resmi Anggota Penuh SCO

New Delhi, sumbawanews.com – Selama KTT ke-23 Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO/Shanghai Cooperation Organisation) di New Delhi, Selasa (04/07) Republik Islam Iran secara resmi diterima dan diperkenalkan sebagai anggota utama kesembilan. Setelah melalui proses keanggotaan definitif dan memenuhi kewajiban prosedural, dan telah disetujui dan ditandatangani oleh anggota lainnya.

Baca Juga: Bahas SCO hingga BRICS dengan Lavrov, Menlu Iran : Kemajuan Baik Telah Dibuat

Di akhir pertemuan itu, para kepala 8 negara anggota utama mengumumkan persetujuan mereka dengan perubahan keanggotaan Republik Islam Iran dari anggota peninjau menjadi anggota utama dan menandatangani dokumen terkait, dan berdasarkan ini, proses teknis konversi keanggotaan Iran dimulai.

Baca Juga: Arab Saudi Disebut Setuju Gabung, Iran Kemungkinan Jadi Anggota Penuh SCO

Dengan melakukan proses teknis dan memenuhi kewajiban prosedural dalam proses menjadi anggota SCO, “hukum aksesi Republik Islam Iran ke Organisasi Kerjasama Shanghai” telah disetujui oleh Majlis.

Proses perubahan keanggotaan Republik Islam Iran di Organisasi Kerjasama Shanghai dari anggota peninjau menjadi anggota utama dimulai pada September 2021, dalam kemunculan pertama Dr Raisi sebagai Presiden Republik Islam Iran pada pertemuan ke-21 kepala organisasi ini di Dushanbe, ibu kota Tajikistan. (Using)

Previous articleBerakhir 17 Juli, Rusia: Tidak Ada Alasan Perpanjang Inisiatif Laut Hitam
Next articleDirektur CIA Sebut Konflik Rusia-Ukraina Peluang Unik
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.