Home Berita Gempa M 6,6 Tuban Jatim Terasa hingga Bandung – Jakarta

Gempa M 6,6 Tuban Jatim Terasa hingga Bandung – Jakarta

Jakarta, Sumbawanews.com. – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,6 terjadi di Tuban, Jawa Timur. Gempa terjadi pada kedalaman 632 kilometer.

BMKG melaporkan gempa tersebut berpusat di laut. Titik koordinat gempa tercatat 6,27 Lintang Selatan (LS) dan 111,93 Bujur Timur (BT).

“70 km barat laut Tuban-Jatim,” tulis @infoBMKG.

Gempa dilaporkan terjadi Jumat (14/4/2023), pukul 16.55 WIB. Belum ada informasi mengenai dampak akibat gempa tersebut, tapi guncangan gempa terasa hingga Jakarta.

Baca juga: Breaking News! Gempa M 6,6 Guncang Tuban Jatim

Guncangan gempa terasa di Jakarta. Guncangan terasa di kawasan Jakarta Selatan sore ini.

Pantauan di kawasan Jakarta Selatan, guncangan gempa terasa pukul 16.59 WIB, Jumat (14/4/2023). Guncangan gempa terasa dari gedung berlantai tinggi di kawasan Jakarta Selatan.

Gempa di Jatim
Sementara itu, gempa bumi magnitudo (M) 6,6 terjadi di Tuban, Jawa Timur (Jatim). Getaran gempa juga diarasakan di daerah Jawa Barat dan Banten.

Berdasarkan keterangan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa dirasakan paling kuat di Garut.

Gempa ini dirasakan dalam skala IV MMI (Modified Mercalli Intensity) yang artinya pada siang hari dirasakan orang banyak dalam rumah dan oleh beberapa orang di luar ruangan. Getaran gempa juga dapat membuat jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara di Pelabuhan Ratu, Bayah, Malingping, dan Labuan gempa dirasakan dalam skala III MMI yang artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah seperti ada truk lewat. Sedangkan di Lembang, getaran gempa dirasakan skala II MMI yang artinya getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara itu, dilansir detikJabar, gempa bumi terasa di Kota Bandung pada pukul 16.58 WIB. Warga bernama Cahya Jeni (29) mengaku merasakan gempa tersebut saat berada di kantornya.

“Kurang lebih 15 detik, cukup kencang,” ujar Jeni.

Gempa terjadi pada hari ini pukul 16.55 WIB. Titik gempa berada di koordinat 6,29 Lintang Selatan (LS) dan 111,92 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa ada di 68 km arah barat laut Tuban pada kedalaman 632 km.

Belum ada laporan mengenai dampak gempa ini. (sn01)

Previous articleBreaking News! Gempa M 6,6 Guncang Tuban Jatim
Next articleGempa M 6,6 Tuban Jatim Terasa hingga Sumbawa NTB
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.