Home Berita Gempa 6,4 SR Kembali Guncang Turki – Suriah, 3 Tewas Ratusan Luka-Luka

Gempa 6,4 SR Kembali Guncang Turki – Suriah, 3 Tewas Ratusan Luka-Luka

Kondisi bangunan pasca gempa turki

Hatay, Sumbawanews.com. – Gempa kembali mengguncang negara Turki. Kini, provinsi di sisi selatan Turki, Hatay, diguncang gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,4.

Seperti dilansir AFP, Selasa (21/2/2023), gempa tersebut melanda kota Defne pada pukul 20.04 waktu setempat. Gempa sangat dirasakan oleh tim AFP di Antakya dan Adana, sekitar 200 kilometer (300 mil) ke utara.

Baca juga: Tim Penyelamat Temukan Warga Lobar di Reruntuhan Gempa Turki

Sementara itu, masyarakat juga sempat dibuat panik oleh gempa tersebut. Selain itu, getaran gempa tersebut juga menimbulkan awan debu dari puing-puing kota yang hancur membumbung ke langit.

Tembok bangunan yang tadinya rusak parah, kini runtuh akibat gempa tersebut. Kemudian, beberapa orang, yang tampaknya terluka, juga meminta bantuan.

Baca juga: Update Gempa Turki : Tercatat 3.170 Gempa Susulan, 31.974 Meninggal

Akibat gempa kuat itu, 3 orang dilaporkan tewas dan ratusan terluka di Turki dan Suriah.

Kemudian, di Suriah, White Helmets mengatakan lebih dari 130 orang terluka. Bahkan, beberapa bangunan yang sudah rusak kini menjadi runtuh.

Badan penanggulangan bencana Turki mengatakan di Twitter gempa berkekuatan M 5,8 lainnya menyusul tiga menit kemudian setelah gempa M 6,4. Pusat gempa berada di

Badan tersebut mencatat dua getaran lagi berkekuatan M 5,2 sekitar 20 menit setelah yang pertama. Gambar dari kantor berita DHA menunjukkan sebuah rumah sakit di Antakya dievakuasi, sedangkan penyiar NTV melaporkan rumah sakit lain dievakuasi di kota Iskenderun.

Untuk diketahui, menurut AFAD, lebih dari 6.000 gempa susulan telah tercatat sejak gempa berkekuatan M 7,8 melanda Turki dan Suriah pada 2 Februari 2023 yang lalu. Gempa M 7,8 itu telah menewaskan lebih dari 41.000 orang di negara itu.(sn01)

Previous articleBantah Disebut Serang Tanker Yunani, Kanaani : Israel Terbiasa Tuduh Iran
Next articlePorprov NTB, Kota Mataram Medali Terbanyak, Kabupaten Bima Paling Buncit
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.