Home Berita Evakuasi Tahap II Sebanyak 328 WNI Tiba di Port Sudan, Total 897...

Evakuasi Tahap II Sebanyak 328 WNI Tiba di Port Sudan, Total 897 Orang

Jakarta, sumbawanews.com – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam press briefing Rabu (26/04) mengungkapkan, proses evakuasi tahap kedua dari Khartoum menuju kota Port Sudan telah tiba di Port Sudan melalui jalur darat dan tiba pada hari ini juga (26/4) sekitar pukul 09.30 WIB. Di dalam evakuasi tahap kedua ini, terdapat 328 WNI yang terdiri dari Perempuan sebanyak 29 orang, Anak- anak (5 orang) dan Laki-laki (294 orang).

Baca Juga : Konflik Sudan : 557 WNI Tiba di Jeddah

Disebutkan, Sebagian besar mereka adalah mahasiswa. Terdapat pula PMI dengan keluarganya dan seorang tenaga profesional airlines.

Keberangkatan mereka dipimpin oleh 4 staf KBRI Khartoum. “Kalau yang tahap pertama dipimpin langsung oleh Dubes, yang tahap kedua ini dipimpin oleh tim dari KBRI yang jumlahnya 4 orang,” ucap dia.

Mereka menggunakan 7 buah bus dan menempuh perjalanan yang sama dengan evakuasi tahap pertama. yaitu dari Kota Khartoum melewati Atbara, kemudian kota Sawakin, dan kemudian ke Kota Port Sudan.

Baca Juga : Konflik Sudan : WNI di Port Sudan Rencananya di Evakuasi ke Jeddah, 289 WNI Menyusul di Tahap II

Selain WNI, evakuasi tahap kedua ini kita juga membawa 7 WNA, yaitu 6 WN Australia dan 1 WN Sudan. “Hari ini pula, saya menerima laporan bahwa 1 dari 7 bus yang membawa WNI evakuasi tahap kedua mengalami kecelakaan di dekat Kota Atbara,” jelasnya.

Kecelakaan tunggal ini terjadi karena kondisi jalan rusak berat dan pengemudi mengalami kelelahan sehingga membuat bus terperosok ke luar jalur. Kecelakaan ini menyebabkan 3 WNI mengalami luka-luka. Dan 3 WNI tersebut telah dibawa ke rumah sakit Kota Port Sudan dengan ambulans dan saat ini dirawat dan ditangani di rumah sakit.

“Saya sudah mendapatkan laporan dan terus memantau dari dekat mengenai penanganan rumah sakit di kota Port Sudan terhadap 3 WNI tersebut,” tuturnya, juga mengatakan, Total 897 WNI Dievakuasi dari Kota Khartoum.

Baca Juga : TNI Kirim Satgas Evakuasi WNI di Sudan

Dijelaskan, Data awal, jumlah WNI yang tercatat di KBRI adalah 1.209 WNI. .Namun setelah dilakukan pemutakhiran data, total WNI yang dapat dikontak dan tercatat, jumlahnya adalah 937 WNI. Dengan rincian, Jumlah yang sudah dievakuasi baik tahap 1 maupun tahap 2 adalah 897; (Dari 897 ini, 557 sudah tiba di Jeddah). Kemudian 15 WNI yang telah melakukan evakuasi secara mandiri, 25 WNI menyatakan tidak ikut evakuasi karena alasan keluarga. Sedangkan WNI lain sudah tidak berada di Sudan karena sudah kembali ke Indonesia, sedang pulang mudik, atau sedang menjalankan umroh di Saudi Arabia.

Setiba di Jeddah, para WNI ini akan beristirahat dan akan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia. “Dalam kaitan ini, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada otoritas dan pihak-pihak yang ada di Sudan yang telah membantu kelancaran proses evakuasi via darat dari Khartoum ke kota Port Sudan,” ucapnya.

Baca Juga : Konflik Sudan, 538 WNI Dievakuasi ke Port Sudan

Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Saudi Arabia yang telah memfasilitasi jalur transportasi laut dari kota Port Sudan menuju Jeddah. “Para WNI tersebut, sekali lagi, akan dipulangkan ke Indonesia secara bertahap dalam waktu dekat,” jelasnya. (Using)

Previous articleDenny Indrayana: Sandiaga Uno Akan Menjadi Cawapres Ganjar Pranowo
Next articleAKBP Achiruddin Hasibuan, Ayah Tersangka Aditya Hasibuan Ternyata Punya Gudang Solar Ilegal Tak Jauh dari Rumah Mewahnya
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.