Home Berita EurAsEC-Iran Tandatangani Perdagangan Bebas, Vladimir Putin: Mesir Dipersiapkan, UEA dan Indonesia Sedang...

EurAsEC-Iran Tandatangani Perdagangan Bebas, Vladimir Putin: Mesir Dipersiapkan, UEA dan Indonesia Sedang Nego

Saint Petersburg, sumbawanews.com – Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin dalam Pidato Presiden Rusia pada pertemuan diperluas Dewan Ekonomi Tertinggi Eurasia, Seni (25/12) waktu setempat mengungkapkan, penandatanganan perjanjian perdagangan bebas antara EurAsEC (The Eurasian Economic Community/Komunitas Ekonomi Eurasia) dan Iran berlangsung. Dan Republik Islam Iran adalah salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Eurasia, negara berteknologi maju dan penghubung utama jalur perdagangan selatan antara pasar Komunitas Eurasia dan negara-negara Timur Tengah dan Asia Selatan.

Disebutkan, perjanjian penting saat ini sedang dipersiapkan dengan negara lain yang memiliki potensi ekonomi besar, yakni perjanjian preferensial antara Komunitas Eurasia dan Mesir. Pengerjaan rancangan perjanjian perdagangan bebas dengan Mesir berada pada tahap yang sangat maju.

“Dan kami tentu tertarik untuk menandatanganinya secepatnya,” kata Putin.

Selain itu, Komisi Eurasia sedang melakukan negosiasi dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Indonesia. Pembentukan zona perdagangan bebas dengan negara-negara ini akan semakin meningkatkan potensi ekspor EurAsEC, meningkatkan pasokan timbal balik ke pasar negara-negara sahabat. Dengan demikian memberikan dorongan tambahan bagi pengembangan ekonomi serikat pekerja, akan memperluas dan mendiversifikasi pasar bersama.

Diungkapkan, Secara umum, dengan meningkatnya otoritas dan bobot ekonomi Komunitas Eurasia, semakin banyak negara dan organisasi internasional yang menyatakan minatnya untuk menjalin kontak yang saling menguntungkan dengan “lima”. “Kami telah menjalin kerja sama yang erat dengan struktur regional yang besar seperti Organisasi Kerjasama Shanghai dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara,” kata Presiden Rusia. (Using)

Previous articleJelang Tutup Tahun 2023, Rachmat serahkan secara Simbolis Bantuan Tunai El Nino 400 ribu per KK untuk Ratusan Warga Desa Teratak Lombok Tengah.
Next articleTolak Peringatan, MSC United Tambah Koleksi Yaman
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.