Home Berita Daerah Hampir Punah Ternyata Gotong Royong Angkat Rumah Masih Ada di Zaman Now

Hampir Punah Ternyata Gotong Royong Angkat Rumah Masih Ada di Zaman Now

Sumbawa Barat , Sumbawanews.com ,- Dizaman modern ini, kegiatan bergotong royong warga nyaris hampir punah bahkan hilang di telan zaman. Namun di desa mantun, kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa barat, kebiasaan bergotong-royong warga masih terpelihara dengan baik.

Salah satu kegiatan gotong royong di desa mantun, dapat dilihat pada Selasa 28 mei 2024 pagi tadi.

Puluhan warga, TNI dan Polri bahkan kades dan staf desa terlihat salah satu rumah warga yang hendak pindah rumahnya.

Kegiatan pindah rumah itu kemudian para warga berkumpul untuk mengangkat dan memindahkan rumah tersebut.

Tampak jelas kerjasama mereka menyatukan tenaga dan kekuatan untuk mengangkat rumah warga.

Kades Mantun, Hery Wibowo, dikonfirmasi seusai mengangkat rumah dengan nafas yang masih tersengal-sengal mengatakan, gotong royong dan kerjasama seperti mengangkat rumah kami masih lakukan di Desa.

“Di sini gotong royong masih terpelihara dengan baik. Bukan hanya mengangkat rumah tapi jika ada acara seperti orang menikah kita saling membantu,” jelas Kades.

Kades Mantun Berharap, ke depan gotong royong dan kerjasama warga tetap terpelihara dengan baik.

“Kita berharap walaupun kecamatan Maluk ini multi etnis namun gotong royong tetap terjaga dengan baik” Harap Hery.

Bukan hanya Kades Mantun. Camat Maluk , Muliadi yang ikut serta dalam kegiatan gotong royong tersebut juga mengatakan, angkat rumah adalah salah satu bentuk kerjasama dalam masyarakat.

“Alhamdullilah transfer rumah warga sudah dilakukan, ini berkat kerja sama kita semua,” ucap Camat Maluk.

Camat menuturkan transfer rumah warga tersebut karena lahan yang di tempati sebelumnya melakukan tukar guling sehingga rumah warga harus di pindahkan.

“Alhamdullilah masalah yang berlarut larut ahirnya terselesaikan juga , ini tidak lepas dari usaha kita semua yang di mana tanah wakaf di kembalikan ke wakap kembali,”ucap Camat.

Previous articleMinta Ditelanjangi dan Dibedah, BJS Tantang Akademisi
Next articleAkhir Pekan, Skuad Mi6 Road Show Mapping Isu Strategis dan Kampanye Media bersama Tokoh dan Jurnalis Pulau Sumbawa- Bima
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.