Home Berita Bupati Sumbawa Hadiri HUT IBI ke-72

Bupati Sumbawa Hadiri HUT IBI ke-72

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Kamis (15/06) menghadiri acara Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia ke-72, tahun 2023 di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Acara yang bertemakan “Satukan Langkah Dalam Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti” ini juga turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa, para Ketua Organisasi Wanita Kab. Sumbawa, serta para Bidan se-Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa menyampaikan apresiasi kepada seluruh bidan yang ada di Kabupaten Sumbawa atas dedikasi dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh para bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan yang berkualitas. Tugas yang diemban oleh para bidan, sangatlah mulia, karena merekalah yang menjadi garda terdepan dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan ibu dan anak di Sumbawa. Bidan juga, telah berkontribusi dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga : Bupati Sumbawa Lepas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif

Bupati juga menuturkan, pemerintah daerah siap mendukung dan memfasilitasi pengembangan kapasitas para bidan, baik melalui pelatihan, pendidikan, maupun pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan. “Tahun 2023 ini, kita sudah menerapkan program UHC (Universal Health Coverage), tujuannya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan” tegasnya.

Menurut Bupati juga, melalui program inilah nantinya  pemkab berharap agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa mengakses sarana kesehatan karena alasan ekonomim, dan pelayanan yang bisa diperoleh masyarakat salah satunya adalah pelayanan kebidanan, dimana persentase pelayanan yang dilakukan oleh bidan untuk pemeriksaan kehamilan sebesar 82 persen, persalinan 63 persen dan keluarga berencana 76 persen.

Kemudian, diakhir Bupati menghimbau kepada seluruh stakeholder dan para masyarakat agar dapat bekerjasama dengan pemerintah, Ikatan Bidan Indonesia, tenaga kesehatan, serta masyarakat. Untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan di Kabupaten Sumbawa. (Using)

Previous articleDanrem 162/WB Pimpin Sertijab Danyonif 742/SWY, Tour Of Duty dan Tour Of Area Sistem Pembinaan Organisasi
Next articleSumbawa Dapat WDP, BPK NTB: Kapasitas SDM Turun dan Aplikasi Usang
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.