Home Berita Ini Dia Warisan Anies Yang Disingkir Heru

Ini Dia Warisan Anies Yang Disingkir Heru

Kebijakan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membongkar trotoar untuk menjadi jalan raya demi memperlancar lalu lintas di kawasan Santa, Jakarta Selatan, Jumat (15/4/2023).Foto: Istimewa

Jakarta, Sumbawanews.com.– Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tak melanjutkan sejumlah warisan kebijakan yang ditinggalkan gubernur sebelumnya, Anies Baswedan. Heru juga merombak habis sejumlah pejabat di era kepemimpinan Anies. Bahkan baru-baru ini Heru mengubah jalur trotoar menjadi jalan raya.

Baca juga: Ubah Jalur Pedestrian Jadi Jalan Raya, Warganet Curiga Heru Ingin Hapus Jejak Anies Baswedan

Baca juga: Heru Bongkar Trotoar Warisan Anies, B2K: Anak Kesayangan Pakde Jokowi, Masih ada 100 KM Jalur Sepeda Yang Bisa Dihapus, Mumpung Jadi Gubernur

Heru menjabat Pj gubernur DKI sejak 17 Oktober lalu. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk mengisi kekosongan pemimpin Jakarta hingga 2024.

Baca juga: Hilangkan Jejak Anies Baswedan di DKI Jakarta, Ini Yang Dilakukan Heru

Baca juga: PDIP Dukung Heru Bongkar Trotoar Warisan Anies Jadi Jalan, B2K: Partai Anti Trotoar dan Jalur Sepeda!

Saat awal menjabat, Heru menyatakan ada tiga masalah di Jakarta yang jadi fokus utamanya; banjir, kemacetan, dan tata ruang.

Ia menyebutkan bahwa tiga hal ini diperintahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo sejak jauh hari untuk segera dituntaskan.

Baca juga: PDIP Dukung Heru Bongkar Trotoar Jadi Jalan: Periode Anies Ngaco!

Baca juga: Imbas Bongkar Jalur Sepeda Peninggalan Anies Oleh Heru, Kawasan Pemukiman Macet, B2W: Konflik Social di Depan Mata

“Ini adalah tugas kami dan tugas saya, diperintah langsung oleh Presiden,” kata Heru beberapa waktu lalu.

Berikut rangkuman Sumbawanews.com sejumlah warisan kebijakan hingga pejabat era Anies yang tak dipakai oleh Heru.

Baca juga: Jabatan Opung Luhut Makin Mengantri, Ini Posisi Baru Pemberian Jokowi

Baca juga: Imbas Ubah Trotoar Warisan Anies oleh Heru Jadi Jalan, Macet Mengular Sepanjang Kawasan Mampang – Senopati

Tak Pakai TGUPP
Sejak awal menjabat, Heru menegaskan dtak akan membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) untuk membantu pemerintahannya selama dua tahun ke depan.

Baca juga: Heru Bongkar Trotoar Era Anies Diubah Jadi Jalan Raya

Di era Anies, keberadaan TGUPP beberapa kali dikritik. DPRD salah satunya beranggapan TGUPP tidak relevan karena menggunakan APBD. Sementara kinerja TGUPP tidak dipertanggungjawabkan ke Dewan sebagai representasi masyarakat.

“TGUPP semua bagus, tetapi saya ingin memaksimalkan dinas-dinas yang ada, mungkin diperkuat asisten, ada tenaga ahli, asisten ahli,” kata Heru.

Baca juga: Dipecat Anies, Heru Tunjuk Kembali Welfizon Yuza sebagai Dirut PT Transjakarta

Rombak Direksi PT MRT
Heru merombak jajaran direksi MRT Jakarta. Ia menunjuk Direktur Utama MRT baru, yakni Tuhiyat menggantikan Mohamad Aprindy.

Aprindy diketahui baru diangkat oleh Anies pada Juli 2022 atau beberapa bulan sebelum lengser.

Baca juga: Video Viral! Yudo Andreawan Bentak Polisi, Ini Kata Iptu Suparno

Heru Budi juga merombak jajaran Dewan Komisaris PT MRT Jakarta dengan mengangkat Dodik Wijanarko sebagai Komisaris Utama.

“Pak Tuhiyat ditunjuk sebagai Dirut itu kan tentu beliau dari sejak awal berdirinya MRT sudah paham,” kata Heru Oktober lalu.

Baca juga: Viral! Uya Kuya Fasilitasi Pemulangan Jamil Wahab warga Taliwang Sumbawa yang di Penjara 43 Tahun di Malaysia

Ganti Komisaris PT LRT Jakarta
Di era Heru, eks anggota TGUPP era Anies, Tatak Ujiyati, lengser dari jabatannya sebagai Komisaris LRT Jakarta.

Corporate Secretary LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi mengatakan sesuai peraturan, pergantian atau pengangkatan komisaris dan direksi anak usaha BUMD harus setelah mendapatkan persetujuan gubernur.

Baca juga: Lucu! Setelah Dibongkar Heru, Trotoar dan Jalur Sepeda Warisan Anies Akan di Bangun Kembali

“Betul, efektif per Senin (14/11/2022) lalu, Ibu Tatak tidak lagi menjabat sebagai Komisaris di LRTJ,” kata Sheila November lalu.

Rombak Direksi PT Jakpro

Jajaran direksi di tubuh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI PT Jakarta Propertindo (JakPro) dirombak di era kepemimpinan Heru.

Baca juga: Terlibat Narkoba, Artis Inisial HF Ditangkap di Penginapan Permata Hijau, Siapa HF?

Plt Kepala BPBUMD Fitri Rahadiani menyampaikan pergantian direksi diputuskan melalui RUPS Sirkuler (Keputusan Para Pemegang Saham di Luar RUPS) yang tertuang dalam Pasal 91 UU 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Baca juga: MS Kaban: Harusnya, RRC Meminta Jaminan Ijazah asli Jokowi untuk Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung!

Struktur direksi Jakpro yang mengalami perombakan yaitu, Widi merupakan Direktur Utama. Kemudian, Gunung Kartiko Direktur Pengelolaan Aset, Leonardus W. Wasono Mihardjo Direktur SDM dan Umum, serta Muhammad Taufiqurrachman Direktur Keuangan.

Sementara Iwan Takwin yang menjabat Direktur Teknik dan Pengembangan Bisnis, kini menjabat Dirut PT Jakpro.

Baca juga: Koalisi Sipil Tabur Bunga di Lokasi Trotoar Warisan Anies yang Diubah Heru Menjadi Jalan

“RUPS menyetujui untuk memberhentikan dengan hormat nama-nama di bawah ini dari jabatan Direktur Perseroan, dengan ucapan penghargaan setinggi-tingginya atas kontribusinya kepada perseroan yaitu: Widi Amanasto, Gunung Kartiko, Leonardus W. Wasono Mihardjo, Muhammad Taufiqurrachman, Iwan Takwin (kini jadi Dirut),” kata Fitri melalui keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Setelah Disorot, Akhirnya Wali Kota Pekalongan Minta Maaf Tolak Sholat Id, Kini Siap Fasilitasi

Rombak Direksi TransJakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, kembali merombak direksi dan pejabat BUMD DKI yang baru diangkat era Anies Rasyid Baswedan. Kini, giliran direksi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang mendapat giliran penyegaran, tepatnya M Yana yang dicopot dan diganti M Kuncoro Wibowo sebagai Direktur Utama Transjakarta.

Baca juga: Heru Ubah Trotoar Warisan Anies, Ini Kata Dishub DKI

Baca juga: Heru Bongkar Trotoar Peninggalan Anies, Geisz Chalifah Tantang Politisi PDIP Adu Data

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BUMD DKI Jakarta, Fitria Rahadiani mengatakan, pengangkatan M Kuncoro dilakukan melalui keputusan para pemegang saham di luar rapat umum pemegang saham (RUPS) yang ditandatangani Heru di Jakarta pada Rabu (11/1/2023). Keputusan itu, kata dia, juga menjadi dasar perhatian Transjakarta sebagai salah satu transportasi publik utama di Jakarta.

Baca juga: Buntut Kader Gerindra Walikota Bandung Terjaring OTT KPK, PKS Mengaku Akan Berhati-hati Pilih Koalisi

Ganti Sekda DKI

Heru melakukan mutasi jabatan di era kepemimpinannya. Ia melantik Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta menggantikan Marullah Matali.

Marullah kemudian ditempatkan pada posisi baru sebagai Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata.

Baca juga: Teroris KKB Serang Pos Militer di Papua, 6 Prajurit Kopassus dan Kostrad Gugur, 9 Disandera

Langkah ini menuai kritik. Namun Heru meminta mutasi jabatan yang dilakukan terhadap Marullah tidak disalahpahami.

“Perlu saya sampaikan di sini bahwa tugas Pak Deputi, dimana nanti beliau akan membantu saya. Jadi jangan disalahpahamkan, bahwa saya membutuhkan Pak Marullah dalam skala yang lebih besar,” kata Heru di Balai Kota Jakarta, Senin (5/12).

Baca juga: Dijuluki Pulau Seribu Masjid, Ini Jumlah Masjid di Lombok

Slogan Baru
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengonfirmasi adanya slogan baru ‘Sukses Jakarta Untuk Indonesia’ yang disandingkan dengan logo resmi Pemprov DKI Jakarta.

Penggunannya ke depan setelah ada Surat Keputusan Gubernur DKI.

Baca juga: Ali Mochtar Ngabalin dan Moeldoko Akhirnya menjadi Pasien Ida Dayak

“Terkait dengan slogan ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia’, Pemprov DKI Jakarta akan mempersiapkan Surat Keputusan (SK) Gubernur untuk penggunaan slogan tersebut ke depannya,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Raides Aryanto dalam keterangan tertulis, Senin (12/12).

Pemprov tak menjelaskan detail slogan apa yang digantikan seiring adanya slogan baru itu. Namun di masa Anies Baswedan menjadi gubernur, Jakarta akrab dengan slogan ‘Kota Kolaborasi’.

Baca juga: Koalisi Perubahan: Anies Target Kemenangan Anies di Aceh Capai 90 Persen Suara

 

Rombak Pejabat DKI

Heru Budi merombak jajaran pejabat tinggi pratama pada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Terdapat sejumlah pejabat yang dicopot dan dilantik oleh Heru.

Baca juga: Indef: Perputaran Uang Lebaran 2023 Diproyeksi Capai Rp150 Triliun, UMKM Diuntungkan

Hal ini diketahui dalam kegiatan acara pelantikan dan pengukuhan pejabat tinggi pratama di Balai Kota DKI, Selasa (21/3/2023) yang dipimpin Heru. Kendati demikian, acara ini digelar secara tertutup.

Baca juga: Megawati akan Gandeng Jokowi Pimpin Komunikasi Koalisi PDIP

Ubah Trotoar Menjadi Jalan Raya

Kebijakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di kawasan pertigaan lampu merah Santa, Jakarta Selatan pada Jumat (14/4/2023), ternyata harus mengorbankan trotoar yang dibangun pada era Gubernur Anies Rasyid Baswedan.

Baca juga: Inilah 5 Fakta Terbaru Terkait Transaksi Janggal Rp349 Triliun

Jalan di sekitar Pasar Santa yang sebelumnya merupakan trotoar harus dibongkar menjadi jalan raya untuk memfasilitasi kendaraan. Beberapa media sempat mengikuti Pj Heru yang didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto meninjau uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Santa pada Jumat.

Baca juga: B2W: Program Anies Jakarta Kota layak Huni, Hancur dalam Semalam oleh Heru

Di lokasi, sudah dilakukan penutupan putar balik (u-turn) di Jalan Wolter Monginsidi menuju Tenpemudasukses. Kebijakan itu merupakan bagian penutupan 32 u-turn di Jakarta yang dicanangkan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI untuk mengurangi kemacetan dan memperlancar lalu lintas.

Namun, tidak disangka jika jalan yang sempat diinjak Pj Heru dan Irjen Karyoto sebelumnya merupakan jalur pedestrian. Hal itu karena aspal di lokasi memang terbilang masih baru.(sn02)

Baca juga: Tiktoker Bima Kritik Jalanan Lampung Rusak Berujung di Polisikan, Legislator Minta Tak Diproses

Previous articlePrajurit TNI Kontak Tembak Dengan KST Di Wilayah Mugi-Mam Kab Nduga
Next articleUbah Jalur Pedestrian Jadi Jalan Raya, Warganet Curiga Heru Ingin Hapus Jejak Anies Baswedan
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.