Home Serba Serbi Literasi MasyaAllah! Ada ‘Air’ yang Tersembunyi 700 Km di Bawah Tanah, Volumenya Tiga...

MasyaAllah! Ada ‘Air’ yang Tersembunyi 700 Km di Bawah Tanah, Volumenya Tiga Kali Lautan Bumi

Jakarta, Sumbawanews.com. – Beberapa ilmuwan percaya bahwa air di lautan Bumi terbentuk ketika komet es menabrak planet ini. Namun, sebuah penelitian tahun 2014 menunjukkan asal usul lautan yang berbeda yakni merembes dari pusat Bumi.

Temuan tahun 2014 yang dipublikasikan di Science tersebut, menunjukkan bahwa reservoir (wadah) air tersembunyi di mantel Bumi, di bawah permukaan.

Baca juga: Kebenaran Alquran, Ilmuwan Temukan Bukti Kisah Pemuda Tidur 309 Tahun di Gua

Wadah tersebut memiliki simpanan air yang volumenya tiga kali air lautan di Bumi. Menariknya, wadah air ini tersimpan di bebatuan yang disebut ringwoodite.

Batuan tersebut berwarna biru cerah dan hanya terbentuk pada suhu dan tekanan tinggi di mantel Bumi. Saat suhu tinggi itulah, air akan terperas keluar dari bebatuan.

Baca juga: Tertulis Dalam AlQuran, Daun Kelor Bermafaat Untuk Kesehatan

“Hampir seperti mereka berkeringat,” kata Steven Jacobsen dari Northwestern University dikutip dari situs Smithsonian Science Education Center.

Adapun ringwoodite ini hanya terbentuk di bawah tekanan kuat yang ditemukan menuju pusat planet kita. Ringwoodite ini mengandung air, tidak cair tetapi terperangkap di dalam struktur molekul mineral.

Membawa Petunjuk Baru tentang Asal Usul Air di Bumi
Menurut ilmuwan, temuan ringwoodite yang terletak 700 kilometer ini dapat membantu menjelaskan dari mana lautan Bumi berasal.

Penemuan baru ini mendukung gagasan alternatif bahwa lautan secara bertahap mengalir keluar dari bagian dalam Bumi purba.

“Siklus air melibatkan lebih dari sekadar air yang bersirkulasi di antara atmosfer, samudra, dan air permukaan. Siklus ini meluas jauh ke dalam interior Bumi saat kerak samudera menunjam, atau meluncur, di bawah lempeng kerak yang bersebelahan dan tenggelam ke dalam mantel, membawa air dengan itu,” kata peneliti.

Bagaimana Wadah Air Ringwoodite Ditemukan?
Adapun temuan ringwoodite ini dilakukan oleh tim ilmuwan menggunakan seismometer untuk mengukur pergerakan gelombang energi yang disebabkan oleh gempa Bumi melalui tanah di bawah Amerika Serikat.

Gelombang melambat saat melewati wilayah mantel yang mengandung ringwoodite. Para ilmuwan berpendapat bahwa kejenuhan ringwoodite dengan air menjelaskan kelambanan gelombang melalui wilayah tertentu di pusat Bumi ini. (sn04)

Previous articleDaftar 8 Profesor Termuda di Dunia Usia 18-23 Tahun, Ada Orang Indonesia?
Next articleAnas Bebas Hari Ini, Perseteruan Demokrat vs PKN Mulai Memanas
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.