Home Serba Serbi Bupati Dompu Buka TMMD ke 120 Tahun 2024

Bupati Dompu Buka TMMD ke 120 Tahun 2024

SUMBAWANEWS.com l Dompu – Bupati Dompu H. Abdul Kader Jaelani menjadi Inspektur Upacara pada pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun 2024 di lapangan Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Rabu (8/5/2024).

TMMD ke 120 dengan tema “Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” dihadiri oleh Kasrem 162/WB Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung, S.I.P., Forkopimda Dompu, Kepala OPD dan Forkopimca terkait, para Kepala Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Usai menyerahkan alat dan sarana kerja kepada perwakilan, Bupati Dompu dalam sambutannya mengatakan TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Pemerintah Daerah serta masyarakat yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah.

Menurutnya, operasi Bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud, salah satunya adalah TMMD dengan kriteria sasaran berupa miskin, tertingal, terisolir, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar serta daerah terkena bencana alam.

TMMD merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan Pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. “Sejak hadirnya kegiatan TMMD ini, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas, karena program TMMD merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bersinergi dengan program-program pemerintah baik pusat maupun daerah.

H. Abdul Kader Jaelani juga meminta kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif membantu mensukseskan program TMMD baik fisik maupun non fisik sehingga tujuan dan sasaran yang ingin di capai dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Terpisah, Kasrem 162/WB Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung dalam kesempatan wawancaranya dengan insan media mengatakan TMMD ini ditujukan untuk membantu masyarakat sesuai dengan amanat UU tentang pemberdayaan wilayah pertahanan.

TMMD tahun ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan sasaran sesuai dengan permintaan dari daerah tersebut dan untuk TMMD ke 120 wilayah Korem 162/WB di fokuskan di Kodim 1614/Dompu dengan sasaran dua desa sesuai dengan permintaan dari daerah.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah diberikan oleh Pemda, kami juga mengharapkan tahun depan ada lagi desa yang kita siapkan untuk kegiatan TMMD sehingga ke depan semakin banyak masyarakat yang terbantu,” ungkap Manurung sapaan akrab Kasrem.

Ia juga berharap melalui kegiatan TMMD ini dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan dapat juga meningkatkan sinergitas TNI dengan Pemerintah Daerah, Polri dan masyarakat.

Usai pembukaan TMMD ke 120, Kasrem 162?WB bersama Forkopimda Dompu mengecek kondisi awal sasaran TMMD ke dua desa yang menjadi fokus tempat pelaksanaan TMMD.

Adapun sasaran fisik TMMD antara lain pembuatan jembatan, perehaban musala, pembukaan jalan baru sepanjang 1800 meter dan pembuatan gorong-gorong. Sedangkan sasaran non fisik antara lain wawasan kebangsaan, Kamtibmas, digital manajemen, KB Kes, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan bahaya terorisme dan deradikalisme, pertanian, kehutanan, Poyandu, stunting dan Posbindu, penyuluhan lingkungan hidup dan rekrutmen TNI. (isj)

Previous articleDanrem 162/WB Hadiri Syukuran HUT Persit KCK Ke 78 Tahun 2024
Next articleTNI AU Dirikan Posko Satgasud Di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Di Lapangan Andi Djemma Kabupaten Luwu
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.