Home Serba Serbi Health 11 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan

11 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah Bidara

Sumbawanews.com.- Pohon Bidara atau di Sumbawa dikenal dengan pohon goal merupakan tanaman liar yang tumbuh hampir di seluruh wilayah Pulau Sumbawa bahkan hingga di NTT. Rasa buah yang agak asam menjadikan bidara dijadikan santapan yang dikombinasikan dengan sambal garam cabe.

Bentuk ranting yang berduri dan berdaun kecil menjadi ciri khas tanaman yang tumbuh didaerah kering ini dan lebih khususnya Bidara merupakan tanaman herbal yang disebut dalam Al-Quran.

Beragam manfaat dari bidara ini, mulai dari akar, kulit, daun hingga buahnya berguna untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Buat kamu yang belum tahu, dalam produk skincare, biasanya daun bidara dituliskan dengan nama ilmiahnya, yaitu Indian jujube. Daun bidara memiliki kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, antioksidan, dan lainnya.

Berikut manfaat bidara untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara bagi kesehatan yang pertama ialah kemampuannya dalam mempercepat penyembuhan luka kulit. Memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Kandungan senyawa glikosida dalam daun bidara membantu menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka di kulit seperti lecet, tersayat, atau akibat tergores.

Selain meminum rebusan air daun bidara, Anda bisa mengoles daunnya pada luka. Cara lain pula, ambilah bubuk ekstrak daun bidara, kemudian campur sedikit air hingga menjadi pasta. Balurkan pada area yang terluka.

2. Menyembuhkan Jerawat

Apakah Anda malu dan berusaha menutupi jerawat di wajah dengan masker? Atau saat ini Anda sedang benci dengan jerawat di punggung setelah berenang? Kali ini, daun bidara siap memberikan manfaatnya bagi kesehatan kulit Anda.

Daun bidara membantu membersihkan dan menjaga kulit Anda. Caranya cukup mudah,
Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara. Kemudian ditumbuk halus.
Beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental.
Oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.
Diamkan selama sekitar 20 menit atau mengering.
Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan.

Jika Anda tidak menemukan daun bidara segar, dapat menggunakan bubuk ekstrak daun bidara di toko herbal dan apotek.

3. Menjaga Kesehatan Bibir dan Mulut

Manfaat daun bidara bagi kesehatan dari luar selanjutnya ialah mampu menjaga kesehatan bibir dan mulut. Pernahkah Anda merasa sangat perih karena sariawan hingga malas makan? Cobalah teratur minum air rebusan daun bidara untuk mengatasinya.

Daun bidara menjaga kesehatan mulut dari sariawan dan kecantikan bibir Anda dari pecah-pecah. Kandungan antioksidannya sangat baik menghalau bakteri menetap dalam mulut.

4. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Sebelumnya Anda bisa mendapatkan manfaat daun bidara untuk mengatasi jerawat membandel. Kali ini soal kecantikan Anda lagi, yakni mencegah keriput dan lingkaran hitam bawah mata, sebagai tanda kulit mengalami penuaan dini.

Cara mengaplikasikannya sama, jadikanlah daun bidara sebagai masker harian Anda. Bisa menggunakan daun bidara serbuk campur madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah berseri dan mengurangi keriput Anda.

5. Menghaluskan Kulit Kering

Kondisi kulit kering acapkali mengganggu rasa percaya diri Anda karena malu wajah terlihat kusam dan ada bagian kulit yang seperti terkelupas. Pastinya tidak nyaman bukan?

Daun bidara sebagai bahan perawatan kecantikan kulit sudah digunakan sejak zaman China kuno. Cara menggunakannya sama, Anda bisa membuat pasta dari daun bidara untuk perawatan kulit tangan, kaki, dan wajah yang dirasa kering.

6. Menyembuhkan Maag dan Sistem Pencernaan

Manfaat daun bidara bagi kesehatan selanjutnya mampu meringankan dampak negatif dari asam lambung. Selain itu daun bidara juga mampu meredakan berbagai penyakit lambung, sehingga bagus bagi penderita maag.

Risiko gangguan pencernaan juga ikut diatasi oleh daun bidara, karena mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan. Serta mencegah terjadinya infeksi pada salurannya.

7. Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara bagi kesehatan berikutnya membantu Anda mengatasi gangguan sulit tidur. Kandungan saponin pada daun bidara berkhasiat memberikan efek menenangkan. Anda bisa mengonsumsi teh daun bidara sebagai obat tidur alami dan meningkatkan kualitas tidur.

8. Mengatasi Haid Tidak Lancar

Ketidakseimbangan hormon biasanya menjadi penyebab haid para wanita menjadi tidak lancer. Jikalau Anda mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsinya setiap hari dan tetap konsultasikan pada pihak medis.

Senyawa dari daun bidara akan membantu Anda menyeimbangkan hormon dan melancarkan haid.

9. Mencegah Bakteri bakteri

Manfaat daun bidara bagi kesehatan selanjutnya ialah mampu mencegah serangan bakteri dan virus. Hal tersebut mampu menjaga keseimbangan system kekebalan tubuh Anda. Sesuai dengan hasil penelitian yang disampaikan sebelumnya.

Sebagian besar penyakit berasal dari bakteri yang mengendap di dalam tubuh, akan dikeluarkan. Namun tidak memberikan efek yang pasti jika terhadap jamur.

10. Melembapkan kulit

Daun bidara memiliki kandungan lemak dan mineral yang mampu mengatasi masalah kulit kering. Buat yang memiliki kulit kering, coba gunakan daun bidara sebagai masker. Cara untuk membuat masker dari daun bidara mudah banget, kok.

Kita hanya perlu menumbuk daun bidara sampai halus, lalu tambahkan air hingga menjadi tekstur masker. Lalu oleskan pada wajah seperti menggunakan masker biasa. Selain wajah, manfaat daun bidara ini juga bisa digunakan pada area tubuh lain yang kering.

11. Menyembuhkan Kulit meradang

Kulit meradang jangan sampai dibiarkan, ya. Gunakan daun bidara untuk mengatasi masalah kulit meradang dan iritasi. Manfaat daun bidara ini hadir karena kandungan antiinflamasi yang terdapat di dalamnya.

Cara penggunaannya mudah banget. Cukup haluskan daun bidara, dan letakkan pada area wajah yang sedang iritasi. Selain antiinflamasi, daun bidara juga punya sifat antibakteri. Jadi bagus banget untuk melawan penyebab iritasi.
Mengatasi jerawat

Itulah beberapa manfaat daun bidara bagi kesehatan dan kecantikan, dari luar hingga dalam tubuh. Semoga bermanfaat. (sn01)

Previous articleStudi Save the Children Indonesia: Satu Sampai Dua Anak di NTB Dinikahkan Setiap Hari
Next articleAksi Door To Door Satgas Yonif Mekanis 203/AK Untuk Membagikan Baju Dan Alat Tulis
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.