Home Berita TN Tambora Diproyeksikan Jadi Wisata Pendakian Berkelas Dunia, HMS Akan Launching Grand...

TN Tambora Diproyeksikan Jadi Wisata Pendakian Berkelas Dunia, HMS Akan Launching Grand Desain

Dompu, sumbawanews.com – Taman Nasional Tambora akan dikembangkan menjadi destinasi wisata pendakian berkendara berkelas dunia. Potensi Taman Nasional Tambora yang dimungkinkan pengembangan wisata pendakian menggunakan offroad dan motor trail akan menjadi satu-satunya Taman Nasional di Dunia yang untuk mendaki ke puncaknya menggunakan kendaraan (offroad dan motor trail).

Kepala Balai Taman Nasional Tambora Deny Rahadi mengatakan, Kiblat pengembangan TN Tambora akan diarahkan pada pengelolaan Gunung Tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fuji, Inovasi ini diawali dengan menyusun grand desain pengembangan wisata pendakian berkendara kelas dunia berbasis masyarakat.

Baca Juga: Resmikan IPAL, Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Muhammadiyah: Semoga HMS Tetap Bisa Berkomitmen Untuk Masyarakat Pulau Sumbawa

“Mengapa berbasis masyarakat karena pengelolaan pendakian TN Tambora akan memposisikan masyarakat sebagai subjek dalam berbagai peran seperti operator offroad, track organization, guide, porter dan lain-lain,” tutur Deny.

Oleh karenanya dari sekarang Balai TN Tambora terus berbenah mengembangkan kapasitas SDM aparatur dan masyarakat dalam berbagai bidang misalnya pelatihan peramu wisata yang beberapa bulan lalu dilaksanakan di resort pancasila. Termasuk kursus bahasa asing bagi masyarakat secara gratis bekerjasama dengan STIPAR Soromandi.

“Harapan kedepan TN Tambora akan menjadi poros ekonomi baru Pulau Sumbawa sesuai arahan Menteri LHK bahwa TN dan kawasan konservasi di indonesia harus mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di daerah,” terangnya.

Deny menuturkan, TN Tambora modal yang kuat dengan sejarah letusan 1815 silam yang mengakibatkan napoleon Bonaparte kalah perang di Waterloo sehingga dengan inovasi ini wisatawan mancanegara khususnya dari negara eropa akan berkunjung ke Tambora.

“Jadi bahasa sederhananya Tambora milik dunia dan saatnya Dunia menyapa Tambora,lokasi difocuskan di jalur wisata pendakian yang sudah ada yaitu Doro Ncanga dan Piong,” jelasnya

Ia menambahkan, Grand desain tersebut rencanannya akan di launching oleh anggota komisi IV DPR RI Dr. H. Muhammad Syafrudin, ST.MM pada tanggal 14 Nopember 2023. Sebagai ihktiar mewujudkan poros ekonomi baru di Pulau Sumbawa yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. (Using)

Previous articleTinta Pemilu Diterima KPU Sumbawa, Kurang 49 Botol
Next articlePenerimaan PPPK 2023, 183 Pelamar Tidak Ajukan Sanggah
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.