Home Berita Tingkatkan Kompetensi Guru, UNSA Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kompetensi Guru, UNSA Gelar Pelatihan

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Universitas Samawa, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Forum Rektor Indonesia (FRI) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis TIK di Auditorium Universitas Samawa, Sabtu (04/11).

Baca Juga: Tim LKBH UNSA Beri Penyuluhan Hukum Warga Binaan Lapas Sumbawa

Dr. Ieke Wulan Ayu,STP., M.Si selaku Ketua Pelaksana GNRM Universitas Samawa dalam sambutannya pada Kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis TIK adalah salah satu kegiatan dalam Membangun Literasi Digital Ethic. Sebagai Upaya Mewujudkan Budaya Masyarakat Digital yang Santun dan Beradab. Dan diharapkan para guru dapat mengimplementasikan hasil pelatihan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK di sekolah masing-masing.

Wakil Rektor I Universitas Samawa, Sahdi Mastar,M.Si dalam sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam ruang digital. “Saya berharap guru tidak hanya mahir praktek, tapi dapat berkontribusi pemikiran dalam membangun dunia pendidikan saat ini, yang lebih dikenal sebagai dunia digital. Pandemi Covid-19 yang lalu, memaksa masyarakat untuk mengubah cara berpikir dan bekerja, sehingga penggunaan teknologi pun menjadi bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan dan hal tersebut dapat mempercepat transformasi digital,” kata Sahdi.

Kegiatan ini sepenuhnya kegiatan ini didukung oleh Kemenko PMK bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia dan Perguruan Tinggi di Indonesia, serta Universitas Samawa sebagai salah satu universitas yang mendapatkan kesempatan dalam melakukan pemberdayaan dalam wujudkan Budaya Masyarakat Digital. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi para guru untuk dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK.

Kegiatan ini diikuti oleh guru perwakilan dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Pondok Pesantren sejumlah 100 orang di Kabupaten Sumbawa. Dan menghadirkan narasumber pada kegiatan yaitu Irvan, S.Pd., selaku Kasi Pembinaan GTK Pendidikan Dasar Dikbud Kabupaten Sumbawa dengan materi Peran Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah, dan narasumber kedua, yaitu Syafruddin, M.Pd, dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samawa, dengan materi Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. (Using)

Previous articleApakah King Maker dan Bohir di Indonesia Sedang Ketar-ketir? 
Next articleDanlantamal IX Kerahkan Personelnya Bersama Tim SAR dan Polairud, Lakukan Pencarian Nelayan di Perairan Nusalaut
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.