Home Berita Tiga Hari di Rusia, Menlu Rusia ke Menlu Korut: Lanjutkan Dialog Rahasia

Tiga Hari di Rusia, Menlu Rusia ke Menlu Korut: Lanjutkan Dialog Rahasia

Moscow, sumbawanews.com – Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Sergei Lavrov menyambut Menteri Luar Negeri Republik Demokratik Rakyat Korea/Korea Utara (Korut) Choi Song Hee, di Moskow, Rabu (16/01). Choi Song Hee, berada di Rusia 15-17 Januari, atas undangan Menteri Luar Negeri Federasi Rusia.

“Hari ini kita akan membahas secara mendalam isu-isu terkini dalam agenda bilateral, termasuk perkembangan lebih lanjut interaksi di bidang praktis,” kata Sergei Lavrov.

Baca Juga: Menhan Rusia-Iran Bahas Kerjasama Militer Teknis

Dijelaskan, Dari perspektif internasional, kedua negara ingin melanjutkan dialog rahasia mengenai situasi di Semenanjung Korea dan Asia Timur Laut secara umum. Dan Rusia menegaskan posisi prinsip yang mendukung penyelesaian permasalahan yang ada secara komprehensif dan adil.

“Kami selalu menganjurkan pembentukan proses negosiasi tanpa prasyarat untuk mencapai perdamaian dan stabilitas abadi di seluruh Asia Timur Laut. Rusia secara mandiri dan bersama-sama dengan Tiongkok mengajukan proposal terkait ke Dewan Keamanan PBB. Mereka ada di meja perundingan,” ucapnya.

Menurutnya, Harus diakui bahwa kebijakan Amerika Serikat dan negara-negara satelit regionalnya yang menciptakan ancaman terhadap keamanan DPRK tidak membawa kemajuan ke arah yang positif. sehingga Rusia akan terus menyerukan penghentian segala langkah yang mengarah pada peningkatan ketegangan.

Baca Juga: Reunifikasi Damai Dihapus, Korut Anggap Korsel Musuh Utama

Pada skala geografis yang lebih luas, kedua negara berinteraksi dalam isu keamanan di kawasan Asia-Pasifik, di mana mekanisme universal perlu dipertahankan. Mereka dibentuk sejak lama berdasarkan usulan ASEAN dan berfungsi dengan sukses selama beberapa dekade. Namun kini hal tersebut terkikis sebagai akibat dari upaya Amerika Serikat dan sekutunya untuk menciptakan format blok yang tertutup dan mencoba untuk mempromosikan infrastruktur Aliansi Atlantik Utara ke wilayah ini.

“Kami bekerja sama secara erat dan bermanfaat dengan Pyongyang di PBB dan organisasi multilateral lainnya. Kami selalu mendukung DPRK di Organisasi Dunia. Kami menghargai sikap Anda yang serupa dalam mendukung Rusia, termasuk dalam isu-isu terkait operasi militer khusus yang sedang berlangsung di Ukraina,” ucap Lavrov. (Using)

Previous articlePanglima TNI Hadiri Deklarasi Pemilu Damai Lintas Ormas dan Lintas Agama
Next articleKoramil Pringgabaya dan Masyarakat Bersihkan Tumpukan Sampah di Saluran Irigasi
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.