Home Berita Tegaskan Dukungan Terhadap Israel, Menlu AS Dijadwalkan Kunjungi Tel Aviv

Tegaskan Dukungan Terhadap Israel, Menlu AS Dijadwalkan Kunjungi Tel Aviv

Washington DC., sumbawanews.com – Matthew MILLER, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Rabu (01/11) waktu setempat mengungkapkan, Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken akan melakukan perjalanan ke Tel Aviv – Israel. Kemudian ke Yordania, Jepang, Republik Korea Selatan dan India, sejak 2-10 November 2023.

Diungkapkan, Di Israel, Blinken akan menegaskan kembali dukungan AS terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri melawan terorisme sesuai dengan hukum humaniter internasional. Dan membahas upaya untuk melindungi warga AS di Israel, Tepi Barat, dan Gaza, berupaya menjamin pembebasan sandera segera, meningkatkan jumlah sandera. Serta kecepatan dan volume bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza untuk didistribusikan kepada warga sipil Palestina, dan mencegah konflik meluas.

Baca Juga: Blinken Undang Qin Gang ke Washington

Sedangkan Di Yordania, Menlu AS akan menggarisbawahi pentingnya melindungi nyawa warga sipil dan komitmen bersama untuk memfasilitasi peningkatan dan keberlanjutan pemberian bantuan kemanusiaan untuk menyelamatkan nyawa warga sipil di Gaza. Dimulainya kembali layanan-layanan penting, dan memastikan warga Palestina tidak terpaksa mengungsi ke luar negeri. dari Gaza.

Juga akan membahas mekanisme mendesak untuk membendung kekerasan, menenangkan retorika, mengurangi ketegangan regional, dan menegaskan kembali komitmen AS untuk bekerja sama dengan mitra-mitranya guna menetapkan kondisi yang diperlukan bagi perdamaian yang tahan lama dan berkelanjutan di Timur Tengah. Termasuk pembentukan negara Palestina.

Blinken kemudian akan memimpin delegasi AS ke Tokyo, Seoul, dan New Delhi untuk memajukan upaya kolaboratif guna mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka yang makmur, aman, terhubung, dan tangguh. “Di Tokyo, Menlu akan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri G7 yang kedua pada tahun 2023, di mana para menteri luar negeri G7 akan menindaklanjuti komitmen yang dibuat oleh para pemimpin pada KTT G7 di Hiroshima. Menteri Blinken juga akan berterima kasih kepada Jepang atas keberhasilannya menjadi presiden G7. Menlu juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kishida Fumio dan Menteri Luar Negeri Kamikawa Yoko untuk membahas prioritas bilateral, termasuk mendukung pemulihan ekonomi dan kebutuhan energi Ukraina serta memperkuat kerja sama kita di Indo-Pasifik,” katanya.

Sedangkan perjalanan ke Seoul untuk bertemu dengan Presiden Yoon Suk Yeol, Menteri Luar Negeri Park Jin, dan Penasihat Keamanan Nasional Cho Tae-yong. Menlu AS akan membahas cara-cara Amerika Serikat dan Korea Selatan dalam menanggapi tantangan-tantangan global, termasuk perang Rusia melawan Ukraina dan meningkatnya kerja sama militer Rusia dengan Korea Utara, serta ketidakstabilan di Timur Tengah.

“Mereka juga akan membahas upaya bersama untuk mendukung investasi bilateral dan keamanan ekonomi,” jelasnya.

Di Tokyo dan Seoul, Menlu AS akan menggarisbawahi komitmen kuat Amerika Serikat terhadap pertahanan Jepang dan Korea Selatan. Serta menegaskan kembali pentingnya keterlibatan trilateral yang kuat dan berkelanjutan setelah KTT Camp David yang bersejarah pada bulan Agustus.

Blinken kemudian akan melakukan perjalanan ke New Delhi untuk berpartisipasi dalam Dialog Tingkat Menteri 2+2, yang diikuti oleh Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III. Delegasi tersebut akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Subrahmanyam Jaishankar, Menteri Pertahanan Rajnath Singh, dan pejabat senior India lainnya untuk membahas keprihatinan bilateral dan global serta perkembangan di Indo-Pasifik. (Using)

Previous articleIsrael Klaim Tewaskan Kepala Unit Rudal Anti-Tank Hamas di Gaza
Next articleYaman Klaim Serangan Rudal Capai Sasaran di Israel
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.