Home Berita Sumbawa Digadang Tuan Rumah Panahan PON 2028, Perpani Sumbawa Target Kirim Atlet...

Sumbawa Digadang Tuan Rumah Panahan PON 2028, Perpani Sumbawa Target Kirim Atlet ke Final

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Kabupaten Sumbawa telah digadang-gadang menjadi tuan rumah cabang olahraga panahan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) NTB-NTT 2028 mendatang. Dan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabuputen Sumbawa menargetkan kirim atlet NTB asal Kabupaten Sumbawa masuk final di PON 2028.

“Kami sangat bersyukur dan sangat mengapresiasi pernyataan ketua KONI provinsi, dan kami juga sangat berterima kasih kepada ketua baru KONI Kabupaten Sumbawa yang bisa melanjutkan dari sepak terjang dari ketua KONI sebelumnya, dalam hal memperjuangkan venue panahan untuk pon 2028 ada di Sumbawa,” kata M. Yamin, Ketua Perpani Kabupaten Sumbawa, di DPRD Sumbawa, Selasa (08/08).

Baca Juga: Dua Atlet Perpani U-18 Sumbawa Raih Scoring Nasional

Ia menilai, venue cabang panahan layak berada di Kabupaten Sumbawa, mengingat rangking yang diraih pada porprov lalu meraih sekitar 60 persen medali emas. Sehingga dari sisi ketersediaan dan kesiapan atlet, Kabupaten Sumbawa lebih mumpuni.

Dan tentu, dengan adanya venue Panahan di sumbawa, Perpani Kabupaten Sumbawa akan membenahi atlet-atlet untuk menyongsong PON 2028. “Alhamdulillah ketua KONI provinsi tinjau lapangan, dan menyatakan kemungkinan venue panahan di lapangan Pragas Sumbawa. Lokasi sudah ada, hanya pembenahan berdasarkan DED. Dan Bupati Sumbawa, telah mengemukakan siap untuk mendukung DED tersebut,” jelas Abe, sapaan akrabnya.

Menurutnya, untuk pembenahan stadion pragas menjadi venue cabang panahan berstandar nasional, tidak membutuhkan anggaran yang sangat besar. “Hanya tinggal poles sedikit saja. Kemungkinan tidak akan membutuhkan biaya yang begitu besar,” ucapnya.

Baca Juga: Porprov NTB 2023: Sumbawa Borong 4 Emas Dari Panahan

ia optimis, venue panahan akan berada di Kabupaten Sumbawa. “Dan kita harus bisa memanfaatkan momentum ini. jika terlewatkan, kemungkinan selamanya tidak akan selamanya ada venue panahan taraf nasional disini,” tuturnya.

Untuk membidik PON 2028 terutama dengan kemungkinan Kabupaten Sumbawa sebagai tuan rumah, Perpani Kabupaten Sumbawa akan melakukan pengkaderan altlet. Dengan melaksanakan berbagai event untuk menjaring bakal-bakal atlet di Kabupaten Sumbawa.

Ia mengakui, rentang waktu 5 tahun, merupakan waktu sinkat untuk menggodok atlet untuk berbicara di kancah nasional. Namun ditargetkan, NTB dapat mengirim atlet ke Final Panahan PON 2028 dari Kabupaten Sumbawa.

“Tapi kita akan optimalkan lahir atlet-atlet baru NTB dari Kabupaten Sumbawa. Kita tidak ingin muluk-muluk, kita realisits. Minimal atlet dari Kabupaten Sumbawa masuk ke final,” ucap Abe.

ia juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemda Sumbawa dan PT Amman Minieral Nusa Tenggara, atas suppor tertadap Perpani Sumbawa selama ini. “Baik kejurnas, porprov lalu. Dan saat ini juga, untuk persiapan porprov 2026 sebagai pintu masuk pon 2028. kami berterima kasih kepada Pemda Sumbawa dan PT AMNT mendukung kami untuk hal itu,” jelas dia. (Using)

Previous articleJelang HUT Jalasenastri Ke 77, Danlantamal IX dan Ketua Korcab IX DJA III Terima Pembekalan Pangkoarmada RI
Next articleMenkumham: Samakan Persepsi Aparat Penegak Hukum di KUHP Baru
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.