Home Berita Sistem diperbaiki, Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Dijamin Bebas Calo

Sistem diperbaiki, Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Dijamin Bebas Calo

Jakarta, Sumbawanews.com.- Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menjamin pelaksanaan program Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bebas dari praktik penggunaan jasa calo. Dia menyebut, panitia terkait telah mengantongi sejumlah strategi untuk mencegah terulangnya praktik penggunaan jasa calo dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Diketahui pada program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 lalu, media sosial sempat dihebohkan oleh penggunaan jasa calo. “Oh (calo), sudah pasti semua di antisipasi,” kata Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada awak media di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Mantan Pegawai BUMN, Pelaku QRIS Kotak Amal Palsu

Arya menyampaikan, strategi pertama yang disiapkan oleh panitia pelaksana Rekrutmen Bersama BUMN 2023 ialah dengan melakukan perbaikan sistem secara menyeluruh. Meski demikian, dia enggan membeberkan teknologi yang akan dipakai untuk mendeteksi penggunaan jasa calo.

“Sistemnya diperbaiki, pasti. Nanti kan dari kita punya ada teknologi lah untuk online dan sebagainya,” jelasnya.

Selain itu, Kementerian BUMN juga mempertimbangkan untuk pelaksanaan tahapan seleksi secara offline. Setali tiga uang, Arya tidak menyebut tahap seleksi apa yang akan dilakukan secara offline tersebut.

Baca juga: Ini dia Jadwal Lengkap Rekrutmen Bersama BUMN 2023

“Nanti mungkin dia offline juga bisa aja kan. Seluruh cara lah dipakai,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali dibuka pada tahun ini. Kabar bahagia ini disampaikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN,” tulis Erick melalui akun instagramnya @erickthohir dikutip di Jakarta, Kamis (13/4).

Dalam postingan tersebut, tahapan registrasi meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN akan dibuka mulai 5-20 Mei 2023. Sedangkan, pengumuman tahap awal ini akan dilakukan pada 1 Juni 2023.

Tahap selanjutnya ialah Tes TKD dan Akhlak pada 10 – 19 Juni 2023. Komposisi pembobotan TKD mencapai 40 persen dan Akhlak 60 persen. Hasil pengumuman tahap ini dilaksanakan pada 28 Juni 2023.

Tahap ketiga ialah Tes Bahasa Inggris dengan ambang batas (threshold) lebih dari 450 dan dilakukan pemeringkatan sesuai ratio. Tahap ini dijadwalkan pada 8 – 12 Juli 2023, sementara waktu pengumuman dilakukan pada 19 Juli 2023.

Tahap keempat ialah tes oleh BUMN pada 22 Juli – 9 Agustus 2023. Tahap seleksi ini meliputi Tes Kompetisi Bidang, User Interview, Socmed Analytic dan Digital, Mindset, serta Medical Check Up (MCU).

Pengumuman Final

Selanjutnya pengumuman final akan dilakukan pada 16 Agustus 2023. Peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem.

“Catat tanggalnya, persiapkan diri, dan jangan lupa minta restu orang tua,” imbau Erick. (sn03)

Previous articlePesan Megawati, Aria Bima: Tidak seideologi Keluar Saja dari Partai
Next articleWabup Sumbawa Beri Bantuan Lansia Kurang Mampu
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.