Home Berita Sekjen PBB Minta Hindari Eskalasi Laut Merah

Sekjen PBB Minta Hindari Eskalasi Laut Merah

New York, sumbawanews.com – Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mendesak negara-negara untuk menghindari eskalasi situasi di Laut Merah. Demikian disampaikan juru bicaranya dalam sebuah pernyataan, Jum’at (12/01).

Sekretaris Jenderal menggarisbawahi bahwa resolusi 2722 harus dihormati sepenuhnya “Sekretaris Jenderal menegaskan kembali bahwa serangan terhadap pelayaran internasional di kawasan Laut Merah tidak dapat diterima karena membahayakan keselamatan dan keamanan rantai pasokan global dan berdampak negatif pada situasi ekonomi dan kemanusiaan di seluruh dunia,” katanya.

Baca Juga: Konflik Meluas dan Meningkat di Timur Tengah, Sekjen PBB Risau

Selain itu, semua Negara Anggota yang melindungi kapal mereka dari serangan harus melakukan hal tersebut. Yakni sesuai dengan hukum internasional, sebagaimana diatur dalam Resolusi.

Ia juga meminta semua pihak yang terlibat untuk tidak semakin memperburuk situasi demi kepentingan perdamaian dan stabilitas di Laut Merah dan kawasan yang lebih luas. “Sekretaris Jenderal menekankan perlunya menghindari tindakan yang dapat memperburuk situasi di Yaman sendiri. Beliau menyerukan agar segala upaya dilakukan untuk memastikan bahwa Yaman mengupayakan jalan menuju perdamaian dan upaya yang telah dilakukan sejauh ini untuk mengakhiri konflik di Yaman tidak boleh sia-sia,” ucapnya. (Using)

Previous articleAl-Mashat: Amerika-Zionis dan Inggris Akan Membayar Mahal
Next articleBabinsa 1714-01/Mulia Dampingi Petani Berkebun
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.