Home Berita Rusia-Iran Bahas Timteng dan Gaza, Khawatir Ketegangan Laut Merah

Rusia-Iran Bahas Timteng dan Gaza, Khawatir Ketegangan Laut Merah

New York, sumbawanews.com – Senin (22/01) di New York, “di sela-sela” debat terbuka tingkat menteri Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di wilayah Palestina, pertemuan diadakan antara Menteri Luar Negeri Federasi Rusia S.V. Lavrov dan Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran Hossein Amirabdollahian. Keduanya bertukaran pandangan menyeluruh diadakan mengenai isu-isu Timur Tengah saat ini.

Para Menlu Para mendukung gencatan senjata dini di Jalur Gaza. Dan memastikan kondisi untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk daerah kantong tersebut.

Baca Juga: Serukan Tahan Diri Maksimal, Rusia Sayangkan Ketegangan Iran-Pakistan

Keduanya mengungkapkan Kekhawatiran mengenai situasi tegang di Laut Merah, yang telah menurun tajam akibat tindakan militer yang tidak bertanggung jawab oleh Amerika Serikat dan sejumlah negara yang bergabung melawan Yaman.

Para menteri membahas berbagai isu dalam agenda bilateral dengan penekanan pada implementasi perjanjian yang dicapai pada tingkat tertinggi, termasuk negosiasi antara presiden Rusia dan Iran yang berlangsung pada 7 Desember 2023 di Moskow. Kesiapan bersama untuk lebih membangun interaksi praktis yang saling menguntungkan di semua bidang prioritas ditekankan.

Para pihak menegaskan kembali komitmen mereka terhadap prinsip-prinsip dasar hubungan Rusia-Iran dan Piagam PBB. Termasuk tidak adanya campur tangan dalam urusan dalam negeri, saling menghormati kedaulatan, serta integritas wilayah satu sama lain secara keseluruhan. (Using)

Previous articleAS-Inggris Gempur Yaman
Next articleAS-Inggris Gempur Yaman, Rusia: Pelanggaran Berat Hukum Internasional
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.