Home Berita Ribuan Vendor PTPN Holding Menjerit Lantaran Tagihan Tak Kunjung Dibayar

Ribuan Vendor PTPN Holding Menjerit Lantaran Tagihan Tak Kunjung Dibayar

JKARTA, sumbawanews.com – Ribuan rekanan PTPN III Holding Perkebunan di berbagai daerah menjerit. Pasalnya, sudah berbulan bulan, tagihan mereka terhadap perusahaan plat merah itu tak kunjung dibayar.

 

“Kami mendapat laporan bahwa ribuan vendor PTPN 1 hingga PTPN XIV belum dibayar tagihan lebih dua bulan sejak menagih, katanya kabag keuangan beralasan bingung dalam mencatatkan pembukuannya akibat peleburan anak perusahaan PTPN Holding menjadi Sub Holding Palm Co, Suger Co dan Suporting Co atau AM Co” ungkap Direktur Eksekutif CERI Yusri Usman, Selasa (25/7/2023) malam di Jakarta.

 

Lebih lanjut Yusri mengungkapkan, para vendor yang berbisnis dengan PTPN Holding bukanlah konglomerasi besar melainkan usaha kelas menengah kecil yang perputaran usahanya sangat tergantung pada pinjaman bank dan kelancaran pembayaran pekerjaan untuk menghidupi jutaan karyawan yang bekerja pada mereka.

 

“Kita tentu mendukung pembentukan Sub Holding itu agar semakin moncreng kinerja PTPN, tapi kewajiban pada vendor jangan diabaikan, gak syoor itu” kata Yusri.

 

Sebab, lanjut Yusri, para vendor tersebut merupakan mitra PTPN Holding yang harus dijaga kesehatannya oleh PTPN dengan hubungan yang saling menguntungkan dan melengkapi. Hubungannya harus sehat dan membina, bukan membinasakan.

 

“PTPN jangan egois dong, jangan hanya memikirkan dirinya sendiri dan malalaikan hak vendornya, jangan pula timbul kesan tagihan vendor yang tertahan lama dijadikan sebagai modal cash flow PTPN, itu tak baik” ungkap Yusri.

 

Dilansir okezone.com 19 Juli 2023 lalu, Empat anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III akan digabung ke dalam Sub Holding Palm Co.

 

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mengklaim kermpat anak usaha itu sudah menerapkan good corporate governance dan dinilai lembaga independen maupun mandiri.(*)

Previous articlePanglima TNI Meneropong Konflik Rusia vs Ukraina: Dunia Saat Ini Tidak Sedang Baik-Baik Saja
Next articleAda apa Panglima TNI perintahkan Pangkogab III, II dan I Keluarkan Perintah Operasi?
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.