Home Berita Rafale, A400M dan A330 MRTT Akan Mendarat di Indonesia

Rafale, A400M dan A330 MRTT Akan Mendarat di Indonesia

Jakarta, sumbawanews.com – Kedutaan Francis di Indonesia, Jum’at (21/07) menyampaikan, Dari tanggal 25 Juni hingga 3 Agustus 2023, sekitar dua puluhan pesawat Angkatan Udara Prancis dikerahkan dari Prancis ke wilayah Indo-Pasifik, dengan nama misi Pégase 2023. Sebanyak 320 orang penerbang, 55 ton kargo, 10 pesawat Rafale, 5 pesawat tanker multirole Airbus A330 MRTT dan 4 pesawat angkut A400M dimobilisasi untuk menjalankan misi yang terdiri atas sebelas persinggahan di sepuluh negara, dan pertukaran dengan pasukan dari 14 angkatan udara mitra.

Setelah mengikuti serangkaian latihan di Pasifik, pesawat-pesawat Prancis akan kembali ke Prancis sambil singgah di Indonesia dari tanggal 24 Juli hingga 1 Agustus 2023. Beberapa kelompok pesawat secara berturut-turut akan mendarat di LANUD Halim Perdanakusuma Jakarta selama periode tersebut, dengan total enam pesawat tempur RAFALE, empat pesawat angkut Airbus A400M, dan tiga pesawat pengisi bahan bakar A330 MRTT.

Baca Juga: Menhan Prabowo Hadiri Paris Air Show 2023, Miniatur Rafale Indonesia Dipamerkan

Prancis dan Indonesia telah menjalin kemitraan strategis sejak tahun 2011, yang diperkuat dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama di bidang pertahanan pada tanggal 28 Juni 2021. Kedua negara mempunyai kepentingan yang sama, baik dalam hal tantangan keamanan kawasan (yaitu perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan, kepatuhan pada hukum internasional), maupun tantangan global, seperti penangkapan ikan ilegal dan perubahan iklim.

Persinggahan ke Jakarta ini akan memungkinkan diperkuatnya kerja sama yang terbina antara kedua tentara kita, sebagai kelanjutan dari persinggahan misi Jeanne d’Arc 23 dan latihan Garuda Guerrier, serta pemberdayaan industri aeronautika pertahanan Prancis.

Baca Juga: Penasaran Canggihnya Pesawat Dassault Rafale, Panglima TNI Lihat Langsung di Pangkalan Militer Al-Dafra UAE

Sebagai negara yang memiliki wilayah di kawasan Indo-Pasifik, Prancis menunjukkan kemampuannya melindungi rakyat dan kepentingannya di zona tersebut, melalui penggelaran rutin yang bertujuan menunjukkan proyeksi kekuatan jarak jauh Angkatan Udara Prancis.

Baca Juga: Rafale, Penjaga Udara Baru Indonesia

Hari kunjungan ke pesawat-pesawat Prancis yang ada (Rafale, A400M, A330 MRTT) akan diselenggarakan bagi kalangan pers Indonesia di Apron Selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada hari Rabu 26 Juli 2023, mulai pukul 08.30 (WIB). Pada kesempatan tersebut, para wartawan akan dapat melihat pesawat- pesawat Angkatan Udara Prancis yang parkir maupun terbang, berinteraksi dengan personnel AU Prancis maupun TNI-AU. (Using)

Previous articleCERI: Gawat, 90 Persen Lahan Tambang Emas PT BMU yang Diduga Ilegal Barada dalam Kawasan Ekosistem Leuser
Next articleSandro Minyak Siap-siap !!! Pembukaan Lomba Qasidah Akan Dirangkai Festival “Malala-Muharram”
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.