Home Berita Proyek DAK PUPR Optimis Tuntas Sesuai Kontrak

Proyek DAK PUPR Optimis Tuntas Sesuai Kontrak

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Dian Sidartha, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa, Selasa (10/10) mengungkapkan, Proyek fisik dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 Kementerian PUPR, mencapai total sekitar Rp 39,6 Miliar. Anggaran tersebut untuk menunjang program kegiatan pembangunan dan pembenahan sejumlah ruas jalan dan jembatan di Kabupaten Sumbawa NTB.

Dijelaskan, terdapat lima paket proyek jalan yang tengah dalam pelaksanaan pekerjaannya. Dan saat ini progres pekerjaan fisiknya dinilai dalam deviasi positif. Sehingga optimis dapat tuntas sesuai kontrak akhir November mendatang.

Baca Juga: Pendekatan Berbasis Pimpinan Wilayah, Puluhan Proyek Fisik PUPR Segera Jalan

Dikatakan, dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan, rekanan kontraktor pelaksana kini sedang melaksanakan pekerjaan minor dan rekayasa lapangan yang dimulai sejak Juli lalu. Dan sejauh ini uang muka sebesar 20 persen telah dicairkan oleh rekanan kontraktor dengan kondisi progres fisiknya rata-rata ada yang mencapai 20 – 27 persen.

“Dan seluruh pekerjaan lapangan dinilai berjalan dalam keadaan On The Track sesuai dengan schedule program yang ditetapkan,” ucap Dian, di ruang kerjanya.

Disebutkan, Kelima paket proyek pembangunan dan pembenahan ruas jalan DAK Penugasan 2023 tersebut adalah peningkatan/rekonstruksi jalan Olat Rawa – Tanjung Bele dengan volume 5,984 Km dengan nilai anggaran mencapai Rp 15 Miliar lebih. Jalan SJP – Perung sepanjang 1,63 Km menyerap biaya Rp 4,8 Miliar lebih. Jalan Propok – Batu Soan 2,125 Km dengan anggaran sekitar Rp 6,3 Miliar lebih. Jalan Tengkal Karya – Pulau Bungin 0,696 Km menyerap biaya sebesar Rp 1,7 Miliar lebih. Serta pemeliharaan berkala jalan Pungit Tede – Lantung Sepukur 17,5 Km dengan menyerap anggaran sekitar Rp 10,5 Miliar.

Diungkapkan, Khusus untuk ruas jalan Pungkit – Lantung, diperkirakan pekerjaan akan mencapai 20 persen pekan depan. Dimana tahapan pekerjaannya saat ini pada tahap pemasangan pondasi LPA, drop material sambil pemadatan. (Using)

Previous article45 Prajurit Kodim 1615/Lotim Jalani Tradisi Kenaikan Periode 1 Oktober 2023
Next articleKadis PUPR Harap Masyarakat Dapat Rawat Hasil Pengerjaan Proyek
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.