Home Berita Polandia Tuding Militer Belarusia Langgar Perbatasan Dalam Latihan

Polandia Tuding Militer Belarusia Langgar Perbatasan Dalam Latihan

Warsawa, sumbawanews.com – Kementerian Pertahanan Nasional Polandia, Selasa (01/08) mengatakan, 1 Agustus 2023, terjadi pelanggaran wilayah udara Polandia oleh dua helikopter Belarusia yang sedang berlatih di dekat perbatasan. Pihak Belarusia sebelumnya telah memberi tahu pihak Polandia tentang pelatihan tersebut.

Disebutkan, Penyeberangan perbatasan terjadi di daerah Białowieża pada ketinggian yang sangat rendah, sehingga sulit dideteksi oleh sistem radar. Oleh karena itu, pada pengumuman pagi hari, Komando Operasi Cabang Angkatan Bersenjata menginformasikan bahwa sistem radar Polandia tidak mencatat adanya pelanggaran wilayah udara Polandia.

Baca Juga: Rusia dan Belarusia Dianggap Ancaman, Polandia Tingkatkan Keamanan Perbatasan Timur

Mariusz Błaszczak, Menteri Pertahanan Nasional Polandia, ketua Komite Urusan Keamanan dan Pertahanan Nasional, memerintahkan untuk menambah jumlah tentara di perbatasan dan mengalokasikan pasukan dan sumber daya tambahan, termasuk helikopter tempur. “NATO diberitahu tentang insiden itu,” katanya.

Selain itu, Komite setuju bahwa kuasa usaha Belarus akan dipanggil ke Kementerian Luar Negeri Polandia untuk menjelaskan kejadian tersebut. “Kami ingin mengingatkan Anda bahwa Rusia dan Belarus baru-baru ini mengintensifkan aktivitas hibrida melawan Polandia,” katanya.

Diungkapkan, kemungkinan provokasi lebih lanjut. “kami mengimbau penyebaran yang bertanggung jawab dan mengomentari informasi yang mungkin digunakan oleh rezim Rusia dan Belarusia,” ujar dia. (Using)

Previous articleSekcam Maluk Apresiasi Kegiatan Bersih Desa Bukit Damai 2023
Next articleMamady Doumbouya: Berani Invasi Niger, Guinea Nyatakan Perang
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.