Home Berita Pembina Upacara di SMAN 1, Ketua DPRD Beri Kiat Sukses

Pembina Upacara di SMAN 1, Ketua DPRD Beri Kiat Sukses

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, menjadi pembina upacara di SMAN 1 Sumbawa Besar, Senin (13/11). Dalam kesempatan tersebut disampaikan kiat sukses, hingga himbauan-himbauan.

“Kalau ingin berhasil milikilah jiwa-jiwa Sabar, jiwa-jiwa Semangat, jangan mudah mengeluh, tanamkan nilai kejujuran dan peka dengan zaman inilah yang harus kalian tanamkan, Kalian adalah generasi-generasi yang akan melanjutkan perjuangan dan pembangunan bangsa maka didiklah diri kita untuk selalu bersikap sabar tetap semangat kalau ingin berhasil dan jangan ada yang mengeluh,” ucap Ketua DPRD dalam amanat.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Ketua DPRD Sumbawa: Bangkitkan Semangat Pahlawan, Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Ia mengutip dan menjelaskan ungkapan yang pernah disampaikan Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno. “Tentu masih ingat apa dikatakan oleh Bung Karno ; berikanlah aku 10 pemuda maka akan kugenggam dunia. tentu untuk menggenggam dunia itu tidak gampang, tidak mudah, ada hal-hal yang harus kita lakukan. Pemuda dimaksud adalah pemuda yang tidak banyak mengeluh, pemuda yang tahan banting, pemuda yang sangat semangat,pemuda yang mampu menyesuaikan dengan zaman, pemuda yang mau belajar tidak pernah menyerah dan berani melangkah. Nah itulah pemuda yang diinginkan oleh Bung Karno ketika kita ingin menggenggam dunia,” ungkap Ketua Rafiq, juga menekankan, agar para siswa manfaatkan era digitalisasi saat ini sebagai momentum untuk meraih kesuksesan.

Diungkapkan,Indonesia diperkirakan akan menghadapi era bonus demografi beberapa tahun ke depan, tepatnya pada tahun 2030 hingga 2040 mendatang. Yakni masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Momentum tersebut tentu saja harus dihadapi dengan perencanaan yang matang. Dan pemerintah saat ini perlu mempersiapkan berbagai program untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

“Melimpahnya SDM yang produktif tidak akan bisa produktif apabila tidak ada lapangan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan bidang yang dikuasai. Maka dari itu, pemerintah perlu mempersiapkan kurikulum siswa siap bekerja dan juga berbagai lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Ia juga menghimbau, agar siswa menghindari hal negatif yang ada di media-media sosial. seperti pertarungan pelajar, konsumsi narkoba, minum-minuman keras. Sebab Hal itu adalah salah satu faktor penghambat untuk meraih kesuksesan. (Using)

Previous articleJelang Penetapan KPU, Aktivis 98 Soroti Gibran
Next articleGus Haikal, Putra Ulama Kharismatik KH Hasyim Adnan Dukung Prabowo-Gibran
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.