Home Berita Presiden Joko Widodo Tinjau Progres Pembangunan Smelter PT AMNT di Sumbawa Barat

Presiden Joko Widodo Tinjau Progres Pembangunan Smelter PT AMNT di Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Sumbawanews.com,- Presiden RI, Ir. H. Joko Wdodo, meninjau lansung proses pembangunan Pabrik pemurnian mineral logam atau smelter di Dusun Otak Kris Desa Maluk, Kecamatan Maluk,  Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Selasa 20 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi, melihat langsung progres pembangunan Smelter yang berada di area PT Amman Minelar Nusa Tenggara (AMNT).

Presiden didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Bupati Sumbawa Barat W Musyafirin, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan,  Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia,  Mensesneg Pratikno dan Presdir PT AMNT.

Dalam Kunjungan tersebut, Presiden Jokowi ingin memastikan progres pembangunan smelter yang sudah mencapai 50 persen tersebut, Sesuai rencana pembangunan yang akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Menurut presiden, pembangunan smelter dan industri turunan di Dusun Otak Kris  desa maluk, sumbawa Barat jni diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat lokal, NTB dan masyarakat secara nasional.

“Saat ini  smelter sudah ada di berbagai daerah seperti Sumbawa Barat, Papua,  Sulawesi, Bangka Belitung, Kalbar, Riau dan Maluku Utara,” katanya.

Diharapkan, lanjut Jokowi, dengan adanya smelter smelter ini dapat diitegrasikan hingga menghasilkan barang seperti batrei dan bermuara kepada produksi kendaraan listrik.

“Produksi produksi dari batrei inilah nantinya yang membuat suatau negara dari negara berkembang menjadi negara maju,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap, setelah selesai pembangunan smelter nanti bisa membuka lapangan kerja sebesar- besarnya untuk masyarakat.

“Ini kesempatan kita. Dengan banyaknya smelter yang kita miliki, tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’ tutup presiden.

Previous articleBentuk Kepedulian, Satgas Yonarmed 1 Kostrad Bangun Talud Jalan Sepanjang Pesisir Pantai
Next articleTingkatkan Ketahanan Pangan Wilayah, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Laksanakan Pendampingan Kepada Petani Binaan
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.