Home Berita Cawe-Cawe dalam Pilpres 2024, Rocky Gerung: Jokowi Tak Lagi Punya Orang Kepercayaan

Cawe-Cawe dalam Pilpres 2024, Rocky Gerung: Jokowi Tak Lagi Punya Orang Kepercayaan

Jakarta, Sumbawanews.com.- Sikap Presiden Jokowi yang terus terang akan cawe-cawe dalam proses pemilihan Presiden 2024 mendatang dinilai sebagai ambisi Jokowi untuk melanggengkan kekuasannya.

Pengamat politik Rocky Gerung menilai istilah cawe-cawe muncul usai Presiden Jokowi diketahui berambisi ikut campur dalam keputusan selama Pilpres 2024.

Baca juga: Ironi! Jokowi Tawarkan Hunian IKN ke Warga Singapura, Pengamat: 81 Juta WNI Belum Punya Rumah

Jokowi sendiri diketahui telah bertemu pimpinan redaksi sejumlah media dan content creator, di Istana Negara pada Senin, 29 Mei 2023 lalu.

Usai bertemu, dia dengan blak-blakan akan mengatakan dirinya ikut terjun di Pilpres 2024 demi kepentingan bangsa dan negara.

Baca juga: Cawe-Cawe dalam Pilpres, Demokrat Tabuh Genderang Perang Lawan Presiden Jokowi

Rocky Gerung melalui akun YouTuber Indonesian Lawyer Club (ILC) yang dilasnir pada Senin, 5 Juni 2023, mempertanyakan ulang mengapa istilah cawe-cawe muncul?

“Yang terakhir mengapa istilah cawe-cawe itu muncul?” tanya Rocky.

Dosen Universitas Indonesia (UI) itu menganggap istilah cawe-cawe muncul sebab Jokowi tak lagi mempunyai orang untuk dipercaya.

Baca juga: Hasto Bantah Suami Puan Terlibat Korupsi BTS, Rocky Gerung: Kita Sukar untuk Percaya, Malah PDIP Defensif

“Karena Jokowi gak punya lagi peralatan untuk memastikan siapa yang akan dia bebankan dengan legacy (kekuasaan) dia,” sambungnya.

Sosok yang dikenal kritis ini ungkap hal tersebut untuk menegaskan alasan ‘cawe-cawe’ orang nomor 1 RI itu sekarang terlihat jelas.

Baca juga: Parah! Walkot Medan Bobby Nasution Perintahkan Cabut Bendera Golkar dan Biarkan Bendera PDIP, Warganet: yang Punya Negara Mertua

Bahkan Rocky mengira pernyataan tersebut sebagai penanda bahwa Jokowi sendiri yang ‘turun tangan’.

Rocky juga terang-terangan dengan ‘cawe-cawe’ adalah akibat kesalnya Jokowi pada Ketua Umum PDIP, Megawati.

Baca juga: Kebijakan Ekspor Pasir Laut, CERI: KKP Jangan Sensi dan Galau Terhadap Kritik

“Jokowi menganggap dia masih kesal sama bu Mega sebab ‘ranger’ (pasukan) dirampas Mega,” katanya.

Tak hanya itu, Rocky Gerung menyebut karena hal itulah kini mantan Gubernur Jakarta dan Wali Kota Solo itu tak lagi punya power (kekuatan).“Dia kehilangan power sebetulnya itu,” terang Rocky. (sn03)

Previous articleKebijakan Ekspor Pasir Laut, CERI: KKP Jangan Sensi dan Galau Terhadap Kritik
Next articleTingkatkan Sinergitas TNI-Polri, Satgas Yonif 143/TWEJ Lakukan Olahraga Bersama
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.