Home Berita Master Plan Tuntas, Sport Centre Samota Butuh Sekitar Rp 1,5 Triliun

Master Plan Tuntas, Sport Centre Samota Butuh Sekitar Rp 1,5 Triliun

master plan sport centre samota

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Master Plan Sport Centre di Kawasan Samota telah dituntaskan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sumbawa. Untuk merealisasikan Pembangunan sport centre tersebut sesuai master plang yang telah dirancang, dibutuhkan sekitar Rp 1,5 Triliun.

“Master Plan sudah clear. Kalua tuntas semua butuh sekitar Rp 1,5 triliun,” kata Sekretaris Disporapar Kabupaten Sumbawa, didampingi Kepala Bidang Olahraga, Zulkarnaen, di ruang kerjanya Selasa (12/09).

Ia mengakui, untuk merealisasikan Pembangunan Sport Centre Samota, mustahil dibangun sekaligus menggunakan APBD. Sehingga akan dibangun secara bertahap sesuai kemampuan daerah dan lobi anggaran dari pusat.

Baca Juga: Ada PON NTB-NTT 2028, Master Plan Sport Centre Samota Jadi Bahan Lobi Pusat

“Ini kan tidak mungkin kita bangun sekaligus kalua bicara kemampuan APBD kita. Maka kita step by step. Apa yang harus dibangun dulu sesua dengan prioritas dan kemampuan APBD,” ucapnya.

Diungkapkan, rencana awal, Pemda Sumbawa berencana akan membangun Gudung Olahraga Serbaguna dan pagar keliling. “Itu yang prioritas dari master plan itu. Kemarin ternyata, kita terkendala dengan anggaran. Dari sisa kredit bank setelah bayar tanah itu, kan sekitar Rp 2 M-an. Ini kita bingung mau eksekusi yang mana, pagarpun tidak cukup,” kata dia.

Disebutkan, Bupati Sumbawa akan berupaya melakukan lobi pendanaan pusat untuk pembanunan Gedung olahraga serbaguna. “GOR sekitar Rp 16 Milliar, kita pakai gambar dan RAB GOR internasional yang dikembalikan ke pusat kemarin. Yang menjadi urgensi untuk kita selesaikan adalah pagar keliling. Dan mudah-mudahan sesuai rencana bupati, bisa goal tahun depan bisa dibackup APBD, dan GOR diharapkan anggaran dari pusat,” jelasnya.

Dijelskan, sesuai dengan master plan, selain Gedung olahraga serbaguna, di dalam sport centre akan juga dibangun antara lain sirkuit MXGP. Kemudian lapangan tenis, kolam renang, Stadion sepak bola, wisma atlet, dan hotel. “Ini perencanaan pemda kedepan, Ketika samota ini sudah berkembang mungkin akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengembangkan hotel,” katanya. (Using)

Previous articlePanglima TNI: Operasi Amfibi Multinasional Bukti Interoperabilitas Kunci Operasi Gabungan
Next articleRombongan Yachter Diperkirkan Sandar di Sumbawa 21-24 September
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.