Home Berita Leopard 2A4 Polandia Tiba di Ukraina

Leopard 2A4 Polandia Tiba di Ukraina

Kyiv, sumbawanews.com – Perdana Menteri Mateusz Morawiecki di Kiev bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Denys Shmyhal, Jum’at (24/02). Kepala pemerintah Polandia tersebut menyerahkan tank Leopard pertama ke Ukraina.

“Kiev saat ini adalah ibu kota kebebasan. Itu adalah benteng paling timur dari seluruh Eropa, dari semua Eropa bebas. Tidak ada bangsa yang harus menunjukkan milik peradaban Eropa, tetapi hari ini, setelah 365 hari, semua orang dapat melihat bahwa Ukraina dan Kiev adalah jantung peradaban Eropa dan nilai-nilai Eropa,” kata Mateusz Morawiecki.

Sejak pada 15 Maret 2022, Morawiecki dan Wakil Perdana Menteri Kaczyński, bersama dengan perdana menteri Republik Ceko dan Slovenia, pergi ke Kiev. “Polandia dan Eropa mendukung Anda. Seluruh Barat, seluruh dunia bebas berdiri di sisi Anda. Kami akan mendukung Ukraina sampai akhir yang positif dari perang ini, sampai kemenangan atas Rusia ditekankan oleh kepala pemerintahan Polandia,” ucapnya.

Ia menekankan, setahun yang lalu semua terbangun dalam mimpi buruk yang telah disiapkan Rusia untuk Ukraina. Dan harinya akan tiba ketika Ukraina akan kembali bebas, berdaulat, integral teritorial, dan aman.

Ia menyakini, tetangga akan memenuhi aspirasi Eropanya, dan Polandia mendukung keanggotaan Ukraina di Uni Eropa. “Juga akan datang suatu hari ketika Ukraina akan menjadi bagian dari Uni Eropa dan – saya sangat percaya – juga bagian dari NATO. Juga akan datang suatu hari ketika, alih-alih bertempur, kita akan membangun kembali Eropa – khususnya Ukraina – kata Perdana Menteri Polandia – Setelah satu tahun perang, saya dapat mengatakan satu hal: kita 365 hari lebih dekat ke kemenangan akhir,” ujar dia. (Using)

Previous articleTanggapi Sesi Khusus Darurat ke-11 PBB, Zakharova : Rusia Akan Lanjutkan Pekerjaan Progresif
Next articleUpdate Gempa Turkey : 44.218 Meninggal, 528.146 Dievakuasi
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.