Home Berita Lalu Lintas Ternak Kembali Normal, 2023 Dikirim Lebih 10 Ribu Ternak ke...

Lalu Lintas Ternak Kembali Normal, 2023 Dikirim Lebih 10 Ribu Ternak ke Luar Pulau

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Kepala Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Sumbawa Besar, drh. Ida Bagus Putu Raka Ariana, di ruang kerjanya, Selasa (18/04) mengatakan, pengiriman ternak ke luar pulau telah kembali normal. Dan terdapat peningkatan pengiriman pada bulan ini, atau menjelang idul fitri.

Baca Juga : Karantina Tolak Sekitar 7 Ton Bahan Asal Ternak Pada 2022

“Sudah 9 ribu sampai 10 ribu-an sapi dengan kerbau. Rata 3 ribu ekor perbulan, terus ada peningkatan menjelang idul fitri,” ucapnya.

Ternak dari Pulau Sumbawa, dikirim ke berbagai daerah di Indonesia. Seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan pulau Lombok.

Ia menegaskan, dalam pengiriman ternak, dilakukan Tindakan karantina secara ketat. Seperti barkode telinga hasil vaksinasi PMK. Kemudian uji darah terhadap penyakit antara lain Bisonosis , Trypanosoma, dan Antrax.

Baca Juga : SE Lalu Lintas Ternak Antar Kabupaten Dalam Pulau Akan Direvisi

“Cuma harus disertai dengan persyaratan. Kita kan masih daerah endemic PMK, scan barcode hasil vaksin. Kita ambil darah juga untuk penyekit-penyakit tertentu,” ucapnya. (Using)

Previous articleKarantina Tolak Sekitar 7 Ton Bahan Asal Ternak Pada 2022
Next articleWayan Koster tak Masalahkan Atlet Israel di WBC, Ada Apa?
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.