Home Berita Kuli farm dan Ugotin Kolaborasi pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok MPA

Kuli farm dan Ugotin Kolaborasi pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok MPA

Mataram, sumbawanews.com – Dalam rangka menambah keterampilan pada kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) wilayah balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) dan Balai Taman Nasional Matalawa, Nusa Tenggara Barat. Kuli farm berkolaborasi dengan Maggot Ugotin Lombok, untuk mengisih acara yang diselengarakan oleh Balai Pengendalian Perubahan Iklim wilayah Jawa Bali Nusat Tenggara.

“Kami diminta mengisih acara tersebut, agar memberikan wawasan dan keterampilan baru, bagi rekan-rekan kelompok Masyarakat Peduli Api, khususnya dibudidaya maggot” ungkap alimuddin, owner kuli farm, Senin (26/06).

Diharapkan dengan pelatihan budidaya Maggot bisa mengolah limbah organik yang ada disekelilingnya. Dimana produk dari maggot nantinya bisa dijadikan pakan alternatif dan pupuk kompos. “Jadi produk yang dihasilkan dari budidaya maggot nantinya, bisa dijadikan alternatif pakan ikan dan ayam. Sementara sisa dari maggot itu sendiri bisa dijadikan pupuk kompos yang bagus bagi tanaman. Dan kedepannya bisa bernilai ekonomis,” jelasnya.

Baca Juga : Kuli Farm Kecamatan Maluk Kirim Tim Lomba Anugerah Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten

Kegitan yang berlansung di Taman Wisata Alam Suranadi Lombok Barat tersebut diikuti oleh 30 peserta yang terbagi menjadi empat wilayah yang ada di pulau lombok.

Dalam kesempatan tersebut juga, peserta pelatihan mendapat kesempatan untuk melihan dan mencoba panen telur maggot secara langsung. Sekaligus kelompok mendapatkan wadah untuk penetasan telur dari lalat BSF.

“Empat kelompok tersebut mendapatkan alat dan bahan untuk di bawah pulang. Alat dan bahan tersebut bisa dimanfaatkan. Minimal rekan-rekan peserta bisa mengamati prosesnya,” jelas ali.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Anis Susanti Aliati, S.Hut., M.Si. selaku Kepala Subdit Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. I Nengah Sudiarta, SH. Polhut Akhli Madya. M. Wahid Dody K, S.Si., M.Si. Selaku Kabid Damkarmat, BPBD Provinsi NTB. (Using)

Previous articleTerkait Dugaan Markus Korupsi BTS, CERI Desak Menteri BUMN Erick Tohir Copot Direktur SDM Pertamina
Next articleInilah Lokasi Sholat Idul Adha di Cianjur dan Sukabumi yang Digelar Muhammadiyah pada 28 Juni 2023
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.