Home Berita Korut Luncurkan Rudal, AS Bersama Jepang dan Korsel Akan Latihan Trilateral Awal...

Korut Luncurkan Rudal, AS Bersama Jepang dan Korsel Akan Latihan Trilateral Awal 2024

Washington DC., sumbawanews.com – Amerika Serikat, Republik Korea, dan Jepang, Selasa (19/12) menyatakan, akan terus membangun kerja sama mereka untuk menanggapi tantangan regional dan memastikan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea, di Indo-Pasifik, dan sekitarnya. Selain itu, ketiga negara tersebut telah menetapkan rencana latihan trilateral multi-tahun yang akan dimulai pada awal tahun 2024.

Baca Juga: Minta Kembali ke Perundingan, Prancis Kecam Peluncuran Rudal Korut

“Pencapaian-pencapaian ini dan upaya-upaya lain yang sedang berlangsung menunjukkan kedalaman, skala, dan cakupan kerja sama keamanan trilateral yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Amerika Serikat, Republik Korea, dan Jepang,” katanya.

Disebutkan, Ketiga negara telah mencapai kemajuan signifikan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas latihan mereka selama setahun terakhir. Dan rencana ini akan mengatur latihan trilateral dan melaksanakannya secara lebih sistematis dan efisien di masa mendatang.

Setelah pengujian baru-baru ini yang memverifikasi kemampuan operasional penuh mekanisme berbagi data peringatan rudal DPRK, mekanisme tersebut kini aktif. Ketiga negara tersebut menetapkan mekanisme ini untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menjamin keselamatan rakyatnya dengan mendeteksi dan menilai rudal yang diluncurkan oleh DPRK secara trilateral secara real-time. (Using)

Previous articleKemhan RI Terima Predikat Informatif Pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023
Next articleAS Ajak NATO dan UE Pulihkan Keamanan Laut Merah
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.