Home Berita Konflik Sudan : WNI di Port Sudan Rencananya di Evakuasi ke Jeddah,...

Konflik Sudan : WNI di Port Sudan Rencananya di Evakuasi ke Jeddah, 289 WNI Menyusul di Tahap II

Jakarta, sumbawanews.com – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, dalam press briefing, Senin (24/04) mengatakan, dalam proses evakuasi WNI ke Port Sudan melalui sekitar 15 pos pemeriksaan sepanjang perjalanan. Dan saat ini, 538 WNI tersebut telah tiba dan sedang beristirahat di rumah persinggahan di Port Sudan sebelum keberangkatan menuju Jeddah melalui jalur laut.

“Insya Allah persiapan pulang ke Indonesia juga terus dilakukan. Rencana awal seluruh WNI akan dievakuasi dengan memanfaatkan gencatan senjata,” jelasnya.

Namun demikian, karena adanya pembatasan bahan bakar untuk bus yang akan mengangkut para WNI dan evacuasi lainnya. Maka evakuasi tidak dapat dilakukan dalam satu tahap.

Baca Juga : Konflik Sudan, 538 WNI Dievakuasi ke Port Sudan

Terdapat 289 WNI lainnya, yang sebagian besar adalah mahasiswa dan lima pekerja perusahaan, akan dievakuasi pada tahap kedua pada kesempatan pertama. “Untuk itu saya himbau agar setiap WNI yang masih berada di Sudan dan belum melaporkan diri, mohon agar segera melaporkan keberadaannya ke KBRI Khartoum agar juga dapat dilakukan evakuasi pada tahap kedua,” kata Menlu.

Dijelaskan, etiap evakuasi pasti tidak mudah dan memerlukan perencanaan yang sangat matang. “Sekali lagi, keselamatan WNI selalu menjadi prioritas pertama,” tegas dia.

Evakuasi di Sudan ini juga sangat tidak mudah. Evakuasi dilakukan di tengah pertempuran yang masih terus berlangsung.Komunikasi terus dilakukan baik di Sudan untuk memastikan jalur aman dan jaminan keamanan bagi WNI.

“Saya terus mengikuti jam-per-jam proses evakuasi. Saya juga terus melaporkan proses evakuasi ini kepada Bapak Presiden,” ucapnya.

Baca Juga : TNI Kirim Satgas Evakuasi WNI di Sudan

Hal yang sama juga dilakukan oleh Watapri kita di New York untuk terus melakukan koordinasi dengan tim Sekjen PBB dan UN OCHA karena evakuasi juga dilakukan hampir bersamaan dengan staff PBB yang bekerja di Sudan. Dubes RI di Arab Saudi dan Konjen di Jeddah juga melakukan komunikasi dengan otoritas di Saudi untuk memastikan proses lanjutan berjalan dengan baik.

Tim kecil perbantuan untuk evakuasi juga telah bergerak baik yang dari Jakarta dipimpin oleh Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia dan tim perbantuan dari Riyadh dan Jeddah. “Pagi ini, tim evakuasi juga akan berangkat menuju Jeddah dengan pesawat TNI Angkatan Udara yang terdiri dari Tim Pengamanan TNI; Tim kesehatan dari Puskes TNI dan personil Kemlu,” jelasnya. (Using)

Previous articleIni Dia Profil Peneliti BRIN Andi PH yang Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah
Next articleGempar! Beredar Foto Ganjar Bertemu Gerombolan BuzzeRp
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.