Home Berita Ketua DPRD Support Program Tanam Perdana Budidaya Tanaman Vanili

Ketua DPRD Support Program Tanam Perdana Budidaya Tanaman Vanili

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Sumbawa bersama kelompok Tani Vanilinesia Sumbawa menggelar program Tanam Perdana Budidaya Tanaman Vanili di Desa Kelungkung Kecamatan Batulanteh Senin (5/6/2023). Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Ketua MPC Pemuda Pancasila Burhanuddin Salengke, Kepala Desa Kelungkung, dan bagian Kesra Pemda Sumbawa. Juga hadir Anggota Majelis Taklim, Wanita Tani, Mahasiswa KKN UTS, Polri dan Tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga : Ketua DPRD Sumbawa Harapkan Zonasi Pelabuhan Poto Tano Ramah bagi Pedagang Asongan

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Abdul Rafiq menyampaikan motivasi-motivasi,dan support atas prospek dari budidaya tanaman Vanili. “Budidaya Tanaman Vanili membutuhkan syarat dan klimatologi yang pas, sehingga dapat tumbuh dengan subur. Baik dari sisi ketinggian di atas permukaan laut (dpl) jenis tanah (unsur hara) dan perawatan yang intensif. Saat ini kebutuhan dan harga di pasaran pun ini relatif bagus dan diminati oleh orang-orang luar” Ucapnya.

Kemudian lanjutnya, Kami siap mensupport misalnya dari segi pembibitan. Disamping budidaya tanaman vanili, kawasan Desa Kelungkung dinilai bagus menjadi kawasan terintegrasi dengan kegiatan produktif yang lain seperti perkebunan, peternakan Perikanan dan pariwisata.

“Ini adalah kawasan yang bagus untuk dipadukan dengan perkebunan, perikanan dan peternakan. Seperti peternan ayam petelur, kenapa ayam petelur? Karena daerah kita masih mensuplay kebutuhan dari luar. Kita belum mampu memenuhi kebutuhan dari hasil produksi dari dalam daerah kita” Imbuhnya.

Baca Juga : Bidik PON 2028, Ketua DPRD Sumbawa: Pemda Lobi Pusat, Dewan Akan Mendorong

Kemudian lanjutnya, Kami memberikan apresiasi kepada Pemuda Pancasila Kabupaten Sumbawa beserta seluruh jajaran aparatur Desa, kecamatan dan pemerintah daerah yang telah mendorong secara aktif program ini kehadiran kita tentunya menjadi semangat bagi para petani vanili.

Acara dilanjutkan dengan penanaman perdana tanaman vanili secara bersama-sama dengan pengurus MPC Pemuda Pancasila, Bagian Kesra Setda Sumbawa, Kepala Desa Kelungkung dan 5 Kelompok Tani Vanilinesia Sumbawa Majelis Taklim, Wanita Tani, Mahasiswa KKN UTS, Pemerintah Desa, Polri dan Tokoh masyarakat. (Ruf)

Previous articleMahfud MD: Tidak Akan Dilepas, Satgas BLBI Akan Kejar Piutang Total Rp 110 Triliun
Next articleKomite Peradilan Dewan AS Persoalkan Penggerebekan Rumah Donald Trump Oleh FBI
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.