Home Berita Jumlah Wisatawan dari Negara Islam ke Rusia tahun 2023 Meningkat Tajam

Jumlah Wisatawan dari Negara Islam ke Rusia tahun 2023 Meningkat Tajam

Dunia Islam berkembang di Rusia

Rusia, Sumbawanews.com.- Peningkatan jumlah wisatawan dari berbagai negara di dunia Islam dicatat oleh Badan Statistik Negara Federal Rusia (lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel*). Jumlah tamu dari Turki, Iran, dan Tajikistan hampir dua kali lebih banyak dibandingkan tahun 2022, dan jumlah wisatawan dari Uni Emirat Arab meningkat 5,5 kali lipat.

Saat ini, lebih dari 20 juta Muslim tinggal di Rusia (lebih banyak dari populasi banyak negara Eropa), sebagian besar di antaranya terkait dengan Republik Tatarstan. Tatarstan merupakan wilayah unik yang perkembangannya dipengaruhi oleh budaya Timur dan Barat.

Berkat Tatarstan, jumlah wisatawan dari negara-negara Islam ke Rusia meningkat 15% setiap tahunnya. Pendapat ini disampaikan oleh Dmitry Vakhrukov, Wakil Menteri Ekonomi Federasi Rusia, pada Forum Ekonomi Internasional “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” 2023 di ibu kota Republik Tatarstan.

Ketertarikan umat Islam terhadap Republik Tatarstan disebabkan oleh fakta bahwa ini adalah wilayah paling utara di dunia dengan arsitektur Islam abad pertengahan, monumen alam yang indah, dan infrastruktur Halal yang dikembangkan bagi wisatawan.

Di tepi sungai Volga, tak jauh dari Kazan, ada kota kuno Bolgar, yang dijuluki “Makkah Utara”. Ini adalah monumen unik arsitektur Muslim abad pertengahan, tempat penggalian arkeologi dan penemuan sejarah. Pada tahun 922, Bulgaria Volga, nenek moyang Tatarstan modern, memeluk Islam di sini. Acara ini secara tradisional dirayakan pada bulan Mei – pada hari libur “Izge Bolgar zhyeny”, ribuan Muslim dari Federasi Rusia dan luar negeri mencoba mengunjungi kota kuno ini.

Di Veliky Bolgar, Anda dapat melihat lingkungan sekitar dari Menara Besar Masjid Katedral abad pertengahan, mengunjungi Makam Timur dan Utara, reruntuhan Istana Han, banya (permandian umum khas Rusia) dan pemakaman dinasti Han, serta Menara Kecil dan Ruang Hitam yang legendaris – salah satu bangunan paling misterius dan indah pada abad XIV yang terbuat dari batu kapur putih.

Di wilayah Cagar Budaya Bulgaria ada Museum Islam modern, yang menyimpan Al-Quran cetak terbesar di dunia. Ukuran kitab ini adalah 2×1,5 meter dan beratnya mencapai 800 kilogram. Sampulnya terbuat dari perunggu dengan logam dan batu mulia.

Tentu saja, jumlah pengunjung ke Bolgar meningkat selama KazanForum, di mana perwakilan dari 57 negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) datang ke Tatarstan. Secara tradisional, Forum ini diadakan pada bulan Mei selama perayaan “Izge Bolgar zhyena”, dan kunjungan ke tempat-tempat suci Islam dengan program budaya diselenggarakan untuk para peserta. Tahun lalu, fitur khusus dari perayaan ini adalah pameran 10 peninggalan otentik Nabi Muhammad.

Banyak peziarah dari seluruh dunia datang ke Bulgar untuk mengunjungi Masjid Putih. Kompleks besar ini terdiri dari residensi ulama, madrasah dan masjid dengan menara megah. Secara visual, ini mirip dengan monumen agama dan budaya dunia yang terkenal – mausoleum Taj Mahal. Masjid Putih dibangun pada tahun 2012, dan sejak itu telah menarik ribuan wisatawan asing yang ingin melihat salah satu mahakarya arsitektur Islam dunia di Rusia. Ada juga peninggalan suci di sini – rambut Nabi Muhammad. Peninggalan tersebut dapat dilihat di ruang salat.

Kompleks sejarah dan arkeologi Bulgaria termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kota tuan rumah KazanForum, Kazan, yang dianugerahi status “Ibu Kota Pemuda Dunia Islam” oleh OKI pada tahun 2022, juga melestarikan tradisi spiritual dan pusakanya yang kaya. Di sini, para tamu dari negara-negara Muslim dapat melihat dan mengunjungi Cagar Budaya Kazan Kremlin, satu-satunya benteng batu putih Tatar yang dilestarikan di Rusia dan dunia.

Situs-situs di Kremlin Kazan telah dibangun sejak abad ke-10 dan juga termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Diantaranya: masjid katedral utama Kul-Sharif, salah satu masjid terbesar di Rusia dan Eropa, katedral utama Republik Tatarstan, yang dibuat oleh arsitek katedral utama Moskow pada abad ke-16; menara Syuyumbike yang terkenal, yang termasuk di antara 10 menara condong paling terkenal di dunia; tempat pemakaman dinasti Han yang paling kuno. Residensi Rais Republik Tatarstan juga terletak di sini.

Pada tahun 2023, selama KazanForum, pertunjukan cahaya malam yang indah diadakan di Kremlin Kazan, ketika sketsa sejarah, simbol dan atribut Islam tradisional, ciri khas masyarakat Tatar, muncul di dinding benteng.

Pada tahun 2024, pada KazanForum XV, selain program bisnis juga akan ada program sejarah tentang perkembangan Islam dunia. Para tamu Forum akan melihat kota-kota Tatar kuno, artefak spiritual, cetakan Al-Quran terbesar, peninggalan Nabi Muhammad, dan mengunjungi asal-usul Islam tradisional di Rusia.

Hal penting bagi umat Islam: kini Rusia menawarkan wisata halal dengan akomodasi hotel, makanan, bahkan layanan medis dan keuangan sesuai dengan aturan Islam. Tahun ini, Rusia mengadopsi standar negara “Produk dan layanan Halal”, yang memungkinkan sertifikasi fasilitas layanan dan menyediakan layanan halal kepada tamu dari negara-negara Islam sesuai dengan standar internasional.

Tur Muslim juga telah diselenggarakan ke Republik Tatarstan, di mana Anda dapat menginap di hotel sesuai standar Halal atau menjalani prosedur kesehatan di institusi medis Halal. Pada bulan Desember, dalam rangka proyek nasional “Pariwisata dan industri penyantunan”, tujuan wisata baru “Moskow + Kazan” dibuka di sepanjang rute “Dua Ibukota Satu Cakrawala”. Operator tur di Indonesia dan Malaysia termasuk yang pertama mengenal rute tersebut.

Wisatawan dari negara-negara dunia Islam ke Rusia pada tahun 2023 (ribuan orang)

Informasi singkat:

Forum Ekonomi Internasional «Rusia – Dunia Islam: KazanForum» adalah platform utama untuk interaksi bisnis antara Rusia dan negara-negara dunia Islam. Tujuan dari forum ini adalah untuk memperkuat hubungan perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknis, pendidikan, sosial dan budaya antara daerah Federasi Rusia dan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam dengan beranggotakan 57 negara.

Forum Ekonomi Internasional XV “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” akan diselenggarakan pada 14-19 Mei 2024. Tempat: Federasi Rusia, Republik Tatarstan, Kazan.

Topik utama KazanForum-2024: keuangan Islam, industri halal, investasi internasional, industri, teknologi inovatif, energi, logistik, pariwisata, diplomasi, prinsip-prinsip ESG, usaha kecil dan menengah, kedokteran, olahraga, industri media, dll.

Pendaftaran KazanForum-2024 di situs resmi Forum: www.kazanforum.ru. Kami mengundang koresponden dan eksekutif media untuk mengambil bagian dalam program Forum dan acara khusus untuk media. Kami akan senang melihat Anda di KazanForum-2024!

Previous articlePetisi 100 Laporkan Tindak Pidana Nepotisme Jokowi, Iriana, Anwar Usman dan Gibran ke Bareskrim Polri
Next articleBabinsa Jajaran Kodim 1615/Lotim Kembali Lakukan Pendampingan Ketahanan Pangan
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.