Home Berita Israel – Palestina Sepakat Pegang Perjanjian Sebelumnya

Israel – Palestina Sepakat Pegang Perjanjian Sebelumnya

Aqabah, sumbawanews.com – Atas undangan Kerajaan Hashemite Yordania, Pejabat Senior Yordania, Mesir, Israel, Palestina, dan AS bertemu di Aqaba, Yordania, Minggu (26/02). Demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Yordania.

Diungkapkan, Setelah diskusi yang komprehensif dan jujur, para peserta mengumumkan untuk mengikuti 8 kesepakatan. Yakni pertama, Kedua belah pihak (Palestina dan Israel) menegaskan komitmen mereka terhadap semua perjanjian sebelumnya di antara mereka, dan bekerja menuju perdamaian yang adil dan abadi. Mereka menegaskan kembali perlunya melakukan de-eskalasi di lapangan dan untuk mencegah kekerasan lebih lanjut.

Kedua. Lima pihak mengakui pentingnya menegakkan status quo bersejarah yang tidak berubah di tempat-tempat suci di Yerusalem dalam perkataan dan praktik, dan dalam hal ini menekankan Perwalian Hashemite/peran khusus Yordania.

Ketiga, Pemerintah Israel dan Otoritas Nasional Palestina menegaskan kesiapan dan komitmen bersama untuk segera bekerja mengakhiri tindakan sepihak dalam jangka waktu 3-6 bulan. Ini termasuk komitmen Israel untuk menghentikan pembahasan unit permukiman baru selama 4 bulan dan menghentikan otorisasi pos-pos terdepan selama 6 bulan.

Keempat. Kelima pihak sepakat untuk bertemu lagi di Sharm El Sheikh pada bulan Maret untuk mencapai tujuan yang tercantum di atas.

Kelima, Para peserta juga sepakat untuk melakukan langkah-langkah membangun kepercayaan dan memperkuat rasa saling percaya untuk mengatasi isu-isu penting melalui dialog langsung. Kedua belah pihak akan bekerja dengan itikad baik untuk memikul tanggung jawab dan untuk meningkatkan rasa saling percaya melalui pengaturan ini.

Keenam. Yordania, Mesir dan Amerika Serikat menganggap kesepahaman ini sebagai kemajuan besar menuju pembangunan kembali dan memperdalam hubungan antara kedua belah pihak, dan berkomitmen untuk membantu dan memfasilitasi pelaksanaannya sebagaimana mestinya.

Kerujuh, Para peserta menekankan pentingnya pertemuan Aqaba, yang pertama dalam beberapa tahun. Mereka sepakat untuk melanjutkan pertemuan di bawah formula ini, menjaga momentum positif dan memperluas kesepakatan ini menuju proses politik yang lebih luas menuju perdamaian yang adil dan abadi.

Kedelapan, Para peserta berterima kasih kepada Jordan karena telah mengorganisir dan menjadi tuan rumah pertemuan ini dan atas upayanya untuk memastikan pertemuan tersebut menghasilkan hasil yang positif. Mereka juga berterima kasih kepada Mesir atas dukungan dan peran pentingnya serta partisipasi aktifnya. Mereka juga berterima kasih kepada Amerika Serikat atas peran pentingnya dalam upaya mencapai kesepahaman yang mengarah pada kesepakatan ini hari ini, menekankan perannya yang sangat diperlukan dalam upaya mencegah kemerosotan dan menemukan cakrawala perdamaian. (Using)

Previous articleIran Akan Jual Produk nuklir
Next articlePutin : Barat Ingin Mengosongkan Bekas Uni Soviet
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.