Home Berita Ini Profil Wamendagri John Wempi Wetipo yang Gugat Veronica Jennifer Terkait Anak...

Ini Profil Wamendagri John Wempi Wetipo yang Gugat Veronica Jennifer Terkait Anak Tanpa Nikah

Jakarta, Sumbawanews.com.- Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menggugat dua pihak ke pengadilan terkait dengan dugaan pencatutan namanya dalam akta lahir seorang anak.

Gugatan pertama dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pihak yang digugat adalah seorang perempuan atas nama Veronica Jennifer. Wempi menggugat Veronica membayar ganti rugi baik materiil dan immateriil sebesar Rp 11.250.000.000 secara sekaligus dan tunai. Wempi juga meminta kepada majelis hakim menyatakan Veronica melawan hukum.

Baca juga: Punya Anak Diluar Nikah, Veronica Ungkap Jejak Asmara Wamendagri hingga Berujung Gugatan

Gugatan kedua, dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pihak yang digugat yakni Direktur Utama Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), karena telah menerbitkan Surat Keterangan Lahir yang mencatut namanya. Dua gugatan tersebut saling berkaitan.

Dalam gugatan tersebut, Wempi mengajukan gugatan ganti rugi dalam petitumnya. Sebab ia merasa dirugikan secara materiil dan immateriil oleh pihak RSPI dengan total Rp 23 miliar.

Baca juga: Ganjar Bicara Integritas, Warganet: Gimana dengan Kasus E-KTP

Saat ini kedua gugatan itu tengah berproses di masing-masing pengadilan. Veronica menegaskan, nama Wempi dalam akta lahir anaknya sudah disetujui oleh sang wamen. Sementara RSPI menyatakan siap kooperatif dan mengikuti proses hukum atas gugatan Wempi.

Wamendagri, John Wempi Wetipo dalam acara penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) secara simbolis antara Kemendagri RI dan KPU, serta penyerahan Rekapitulasi Data WNI per PPLN secara simbolis di KPU RI, Jakarta, Jumat (14/10/2022). Foto: Jamal Ramadhan/kumpara

Baca juga: Ini Dia Perusahaan Karyawati yang Diajak Kencan “Staycation”  Untuk Syarat Perpanjangan Kontrak Kerja

 

Berikut profil John Wempi Wetipo:

Dikutip dari laman Kemendagri, John Wempi saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri). Dia merupakan pria kelahiran Hulekaima, Irian Barat (sekarang Papua), pada 15 September 1972.

Wempi menempuh studi di bidang hukum. Dia merupakan lulusan S1 Fakultas Hukum Universitas Cendrawasih pada 2011. Kemudian S2 di fakultas dan universitas yang sama pada 2013.

Baca juga: Ada Kekuatan Besar, Miris! Undangan Tersebar, Rektor Terpilih UNS Gagal Dilantik

Wempi merupakan birokrat. Dia mengawali karier sebagai PNS di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua pada 1996 sampai 1998. Kariernya kemudian moncer.
Dia menjadi Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya pada 1998-2006.

Kemudian, menjadi Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Jayawijaya pada 2006-2008.

Baca juga: Ngawur! Pasangkan Anies – Airlangga, Polling Twitter RMOL Dikecam Warganet

Wempi kemudian bertarung dalam pemilukada pada 2008. Hasilnya, dia terpilih sebagai Bupati Jayawijaya. Jabatannya langgeng selama dua periode hingga 2018.

Selama menjabat bupati, Wempi pernah mendapatkan penghargaan dari KPK saat memimpin Jayawijaya. Penghargaan itu terkait dengan manajemen keuangan yang diterapkan Wempi di Jayawijaya.

Baca juga: Buktikan Punya Anak dari Wamendagri John Wempi Wetipo, Veronica Jennifer Pajang Surat Keterangan Lahir

Kemudian dia juga mendapatkan penghargaan lagi pada 2016 karena tingkat pelaporan LHKPN penyelenggara negara di Jayawijaya yang tinggi. Penghargaan itu diterima Wempi yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua KPK saat itu, Laode M Syarif.

Baca juga: Romi / Eks Napi Korupsi Telah Berdusta Atas Nama Imam Al Mawardi, Hanya Untuk Mendukung Bokeper Ganjar Pranowo?

Setelahnya, dia bertarung dalam Pilgub Papua sebagai calon gubernur berpasangan dengan Habel Melkias Suwae pada 2018 melawan petahana Lukas Enembe. Tetapi kalah.
Tak lama, dia ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendampingi Menteri Basuki Hadimuljono.

Pada 2022 dia ditunjuk sebagai Wamendagri mendampingi Tito Karnavian. Dia menjabat posisi tersebut hingga sekarang. Wempi sendiri hingga kini tercatat sebagai kader PDIP. (sn03)

Baca juga: Inilah Bukti Anak Wamendagri John Wempi Wetipo Bersama Veronica Jennifer

Baca juga: Wamendagri John Wempi Wetipo Ditandang Veronica Jennifer Uji DNA Anak

Previous articleRSF dan Tentara Sudan Disebut Sepakat Lindungi Warga Sipil
Next articleBakamla RI Bersama Delegasi TPOM Malaysia Adakan Rapat Koordinasi di Batam
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.