Home Berita Indonesia Imbau Upaya Bersama Mengatasi Pandemi dan Memulihkan Perekonomian Internasional

Indonesia Imbau Upaya Bersama Mengatasi Pandemi dan Memulihkan Perekonomian Internasional

Bratislava, sumbawanews.com – Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, menyatakan, Indonesia menghadapi tantangan yang sama dengan negara-negara lain dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Namun Indonesia berhasil mengatasi penyebaran virus dan mencapai pertumbuhan ekonomi positif walau terdampak pandemi Covid-19. Demikian disampaikan dalam menyelenggarakan resepsi diplomatik oleh KBRI Bratislava – Slowakia, yang mengundang kalangan pemerintah dan parlemen Slowakia, perwakilan diplomatik asing dan Friends of Indonesia (28/09/2021), dalam perayaan HUT ke-76 RI, seperti di kutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri.

Dubes Adiyatwidi juga juga menekankan kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mendorong vaksinasi dan ketersediaan vaksin secara global, melalui kerangka kerja sama bilateral dan multilateral. Serta menyebutkan kembali seruan Presiden RI pada Sidang Majelis Umum PBB ke-76 agar pasokan vaksin tidak didiskriminasi dan dipolitisasi.

Adiyatwidi juga menyampaikan harapan kepada Pemerintah Slowakia agar dapat mencabut Indonesia dari daftar hitam dan memasukkan Indonesia dalam daftar hijau negara-negara dalam aturan perjalanan ke Republik Slowakia selama pandemi Covid-19. Mengingat Indonesia saat ini sudah berada di bawah ambang batas penyebaran Covid menurut standar WHO.

Dalam hubungan Indonesia – Slowakia, Dubes Adiyatwidi menginformasikan sejumlah perkembangan terakhir dalam hubungan bilateral kedua negara. Antara lain Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang saat ini sedang dalam proses penandatanganan oleh kedua menteri pertahanan, Virtual Indonesian House sebagai wadah bagi para pebisnis Indonesia – Slovakia untuk saling berinteraksi dan berpromosi, serta MoU Kerja Sama Bidang Meteorologi.

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi sarana promosi Indonesia melalui tampilan tarian tradisional Bali, Oleg Dance, dan foto-foto Magnificent Indonesia pada lobi/foyer tempat penyelenggaraan resepsi diplomatik. Para tamu juga dimanjakan beragam hidangan khas Indonesia, seperti: rendang, sate, nasi goreng, mie goreng serta deretan jajanan tradisional Indonesia, seperti: lemper, kue lumpur, dan kue lapis.

Hadir sebagai tamu kehormatan, hadir Martin Klus, Sekretaris Negara Kementerian Luar Negeri dan Eropa, Slowakia, dan Jan Oravec, Sekretaris Negara Kementerian Perekonomian Slowakia. (Using)

Previous articleShrim Estate Diproyeksikan Sumbang Minimal 10 Persen PDRB Kabupaten Sumbawa
Next articlePeran Gizi dalam Peningkatan Imunitas dan Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Anak
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.