Home Berita Indonesia Akan Kirim Bantuan ke Turki dan Suriah

Indonesia Akan Kirim Bantuan ke Turki dan Suriah

Jakarta, sumbawanews.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jum’at (10/02) menyebutkan, Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada pemerintah Turkiye dan Suriah. Pemberian bantuan tersebut dilakukan atas perintah dan arahan dari Presiden RI.

Diungkapkan, bantuan tahap pertama akan dikirim Tim Medium Urban SAR (MUSAR) yang berkekuatan 47 personil lengkap. Beserta alat dan perangkat yang dibawa secara komplit dari Indonesia akan diberangkatkan dalam 1-2 hari ke depan.

Kemudian mengirimkan tim manajemen dari BNPB sejumlah 12 sebagai pendamping Tim MUSAR. Personil dan peralatan akan ditransportasikan menggunakan pesawat hercules dari TNI.

Bantuan tahap kedua berupa alat perlengkapan dan obat-obatan beserta rumah sakit lapangan yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk melakukan operasi darurat di lapangan.

Kemudian mengirimkan tim Emergency Medical Technician (EMT), berkekuatan 90 personil berasal dari Kementerian Kesehatan, TNI-POLRI dan organisasi masyarakat akan diberangkatkan segera setelah tim MUSAR diberangkatkan. Tim ini akan berada di Turkiye hingga maksimal selama 30 hari penugasan.

Bantuan tahap ketiga berupa bantuan uang tunai dan logistik permakaman dan logistik peralatan dengan estimasi awal 1 juta USD masing-masing untuk Turkiye dan Suriah. Bantuan logistik dari permakanan peralatan mengalir jahit masing-masing 70 ton yang mengalir dibawa dengan masing-masing 2 pesawat dari Indonesia.

Indonesia juga terus berkoordinasi dengan duta besar Indonesia untuk Turkiye untuk memastikan bantuan yang diberikan efektif, efisien, dan tepat sasaran. Dan Seluruh personil yang akan diberangkatkan ke Turkiye dan Suriah sudah dilengkapi dengan alat dan perangkat yang memadai mengingat kendala cuaca di wilayah tersebut yang berada pada puncak musim dingin. (Using)

Previous articleUpdate Gempa Jayapura : Sebanyak 2.136 Jiwa Mengungsi
Next articleDukung Program Kerja, Danpos Ramil Potowayburu Hadiri Rapat Koordinasi Tingkat Distrik
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.