Home Berita HMS Gandeng KKP Perangi Stunting di Pulau Sumbawa dengan Gemarikan Makan Ikan

HMS Gandeng KKP Perangi Stunting di Pulau Sumbawa dengan Gemarikan Makan Ikan

Kabupaten Bima, sumbawanews.com – Anggota Komisi lV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk memerangi Stunting di Pulau Sumbawa dengan cara gemar makan Ikan.

Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM melalui Tenaga Ahli Anggota DPR RI Syafrudin Didin mengatakan, stunting sudah menjadi salah satu focus utama di Indonesia dan masih harus dilakukannya pencegahannya hingga saat ini. Menurut WHO stunting sendiri diketahui sebagai gangguan tumbuh kembang anak yang ditandai dengan tubuh pendek karena kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, ataupun stimulasi yang tidak memadai.

Baca Juga: HMS Dampingi Mentan, Andi Amran: Aku Titip Dijaga Dengan Baik

“Konsumsi ikan dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi sehingga dapat membantu dalam pencegahan stunting. Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas,” terang Didin Rabu (30/01).

Didin mengatakan, pemerintah telah membuat program nasional yaitu GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan). Sebagai upaya peningkatan gizi sejak dini dan meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia mulai tahun 2004.

“Memasyarakatkan makan ikan diharapkan komoditas ikan lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat khususnya anak-anak karena memiliki kandungan gizi yang optimal seperti omega 3, protein, vitamin, mineral, dan kolestrol baik serta cenderung memiliki harga yang terjangkau,” tegasnya.

Ia menuturkan, dari kandungan gizi yang dimiliki ikan, konsumsi ikan yang rutin juga dapat bermanfaat untuk pencegahan stunting pada anak dan pada ibu hamil. selain itu juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan mengurangi resiko stroke.

“Alhamdulillah dipulau Sumbawa seluas 15.448 Km2 yang di kelilingi laut pantai tentu potensi nelayan sangat banyak,sehingga untuk mengkonsumsi ikan segar setiap harinya sangatlah mudah.Mengajak seluruh masyarakat pulau Sumbawa agar gemar makan ikan,” tutupnya. (Using)

Previous articleRespon Ancaman AS, Komandan IRGC: Kami Tidak Inginkan Perang, Tapi Kami Tidak Takut Perang
Next articleTerima Dubes Afganistan, Tiongkok Ajak Internasional Bantu Rekonstruksi dan Pembangunan Afganistan
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.