Home Berita Hampir 1.000 Hektare Jagung Alami Kekeringan di Sumbawa

Hampir 1.000 Hektare Jagung Alami Kekeringan di Sumbawa

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Hingga akhir Januari lalu, hampir seribu hektare lahan jagung di Kabupaten Sumbawa alami kekeringan. Demikian disampaikan Isnaini, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, didampingi Kepala Bidang Perlindungan Tanaman dan Pengembangan Usaha, Toni Hamdani, di ruang kerjanya Selasa (06/01).

“Data per Januari. Itu ringan dan sedang. Tapi lebih dominan kekeringan ringan,” ucapnya.

Baca Juga: Oplah Diharap Tingkatkan Produktifitas Lahan Pertanian

Diungkapkan, kekeringan tanaman jagung terjadi di Kecamatan Labangka. Yakni seluas 601 hektare kategori kekeringan ringan, dan 365 hektare kekeringan sedang. Selain itu, kekeringan ringan terjadi di Kecamatan Orong Telu seluas 12 hektare serta kecamatan tarano 6 hektare.

Dijelaskan, kekeringan tersebut terjadi pada tanaman jagung dengan umur tanam 15-30 hari. “Memang ada pelanggaran pola tanam,” ucapnya.

Tanaman jagung tersebut masih bisa diselamatkan. Terlebih dengan meningkatnya intensitas dan curah hujan yang terjadi memasuki Februari ini.

“Masih bisa diselamatkan. Apalagi sekarang hujan sudah mulai bagus,” ujarnya. (Using)

Previous articleKasad Launching Air Bersih, Dandim 1615/Lotim : “Kodim Akan Bangun 2 Unit Pompa Hidram”
Next articlePengaruh El-Nino, Angka Tanam Padi Masih Dibawah 50 Persen
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.