Home Berita Gandeng AMNT, KNPI Gelar Sosialisasi Ketenagakerjaan

Gandeng AMNT, KNPI Gelar Sosialisasi Ketenagakerjaan

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sumbawa, menggelar Sosialisasi Ketenagakerjaan di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (27/07). Kegiatan yang bertema “Strategi Pengembangan Human Capital di Era Digital” tersebut, menggandeng PT Amman Minieral Nusa Tenggara (AMNT) dan dilaksanakan dalam rangka HUT KNPI ke-50.

Asisten I Setda Sumbawa, H.Varian Bintoro, dalam sambutannya mengatakan, ada tiga poin yang harus dimiliki pemuda di Indonesia. Yakni Pendidikan dan keterampilan dimana pemerintah membuka peluang kerja bagi pemuda dan pemuda harus bisa mendapatkan peluang, dengan dibekali oleh lembaga pelatihan dengan industri untuk meningkatkan keterampilan dengan mengasah keterampilan yang sesuai dengan bidangnya.

Kemudian memiliki jiwa wirausaha, dan mencari peluang yang dimulai dari pertanian dengan mencari hal hal yang bisa dijadikan usaha. SertaKreativitas dan inovasi serta mampu “out of the box” untuk menampilkan keterampilannya.

Baca Juga: KNPI Sumbawa Salurkan Bantuan Korban Banjir Moyo Hulu

Muhammad Lutfi, S.Pt., mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa, mengatakan, pemuda memiliki peluang dan kesempatan kerja yang lebih terbuka. Sebab memiliki kesempatan dan waktu, semangat dan kedisiplinan atau etos kerja.

“Pemuda dapat ikut mengambil peran dengan program daerah yang diluncurkan oleh pemerintah sehingga dapat berkolaborasi untuk meningkatkan pembangunan yang lebih baik,” jelasnya.

Diuraikan, dari sepuluh program unggulan pemerintahan Mo-Novi, salah satunya membuka 10 ribu lapangan kerja. Dan kerluasan kerja dengan melakukan dua kegiatan pemagangan dalam negeri dan luar negeri dengan kolaborasi dengan Pt Amman Mineral Nusatenggara.

“Pemagangan luar negeri kuotanya tanpa batas dengan adanya seleksi yang ditentukan oleh jepang dibidang manufaktur. Adapun yang banyak direkrut adalah pekerja las,” ucapnya.

Baca Juga: Aryan Perdana Nahkodai KNPI Sumbawa Hingga 2026

Ketua DPD KNPI Kabupaten Sumbawa, Aryan Perdana Putra, S.SI., mengatakan, dengan adanya tantangan akan mendorong pemuda sumbawa agar dapat berkarya dengan hal-hal yang baru. Kemudian dapat membagi atau memberikan sumbangsi pemikiran konstriktuf dan positif.

“Mudah berbagi misalnya pemikiran kepada pemuda yang lain dengan tidak hanya makanan yang bisa dibagi tetapi pemikiran pemuda,” ucapnya.

Selain itu, juga akan melahirkan Inovasi dengan menyelesaikan tantangan-tantangan, sekaligus membentuk pemuda yang berjiwa dengan mengahasilkan inovasi-inovasi yang baru. “Harapan untuk KNPI dengan pemuda yang bisa menyelesaikan secara bersama sama karana satu orang tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut dan dengan adanya solusi dari pemikiran masyarakat itu mampu membantu untuk mengatasi masalah pemuda pemuda kedepannya, kalaupun kita tidak bisa menjadi pertama maka jadilah yang berbeda untuk pemuda KNPI sumbawa kedepannya dan semakin maju,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Amman Minieral Nusa Tenggara, yang telah ikut serta mendukung kegiatan tersebut. Dan sinergi antara KNPI dan PT Amman Minieral Nusa Tenggara, dapat terus berlanjut dalam berbagai hal, khususnya kepemudaan. (Using)

Previous articleReindustrialisasi
Next articleKabupaten Sumbawa Siap Menjadi Tuan Rumah Qasidah dan Bintang Vokalis NTB 2023
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.