Home Berita Festival Budaya Samawa Akan Warnai Festival Dikdaya Dikbud Sumbawa

Festival Budaya Samawa Akan Warnai Festival Dikdaya Dikbud Sumbawa

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa menggelar Festival Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya). Festival tersebut merangkum seluruh kegiatan Dikbud Kabupaten Sumbawa dalam menyambut Hardiknas.

“Kalau kemarin itu kan terpisah-pisah. FLS2SN-nya sendiri, O2SN-nya sendiri, Olimpiade PAI-nya sendiri, Festival Tunas Bangsa dan lainnya masing-masing sendiri,” Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Fithriati, di ruang kerjanya, Selasa (03/04).

Baca Juga: Rumdis Dandim, Kantor Polisi Militer Hingga Gereja Baitani Akan Dinilai Jadi ODCG 2024

Diungkapkan, Bidang Kebudayaan akan menggelar Festival Budaya Samawa. “Ini adalah bagian seleksi dari Festival Tunas Bahasa Ibu, untuk kita ikutkan ke tingkat kabupaten. Yang kita ikutkan ini akan kita ikutkan ketingkat yang lebih tinggi. Baik provinsi maupun tingkat nasional.

Kegiatan akan digelar Tanggal 28 Maret hingga 1 Mei. Untuk kegiatan seni rencana dilaksanakan di musium dan lapangan pahlawan dan olahraga pemusatan dimasing-masing cabor

“Jadi Ada lomba seni-budaya, lomba olahraga, baik bagi peserta didik maupun pendidik,” ucapnya.

Diungkapkan, kegiatan tersebut disamping untuk memberikan hiburan kepada masyarakat tentang kegiatan Dikbud Kabupaten Sumbawa, namun terutama untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan terampil di masing-masing bidang. “Tidak hanya cerdas secara fisik, tapi juga cerdas secara spiritual. Untuk melestarikan budaya, baik lisan,” jelas dia.

Selain itu, juga akan digelar malam penganugerahan terhadap guru dedikatif dan inspiratif. Terutama untuk guru-guru di daerah terpencil, yang umumnya merupakan pembina di bidang seni dan olahraga.

Khsusu Bidang Kebudayaan, Tabun ini akan diberangkatkan 6 orang ke tingkat nasional untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu. Yakni Wahyudi Farhan dan Muhammad Rayyan Fathir dari SMPN 1 Utan. Kayzi Rizki Amanda dari SMPN 3 Moyo Hulu. Caca Septian Sakrullah dari SDN Lopok Beru. Rifdah Hayatun Nufus dari SMPN 1 Labuhan Badas. Dan Ghazia Miladi Rahmi dari SDN 2 Utan.

“Mereka merupakan hasil seleksi dan penilaian tahun 2023 lalu,” jelasnya. (Using)

Previous articleBegini Cara Kades Mantun Pererat Tali Silaturahmi Bersama Warganya
Next articlePanglima TNI Dampingi Presiden RI Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Mesir Dan Sudan
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.